Atasi Diare Pada Balita, Salah Satunya Bisa Konsumsi Pisang

Atasi Diare Pada Balita, Salah Satunya Bisa Konsumsi Pisang

Maisya Frenika: sumber: halodoc-ist-

 

CURUPEKSPRESS.COM - Diare pada balita merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi. Kondisi medis ini ditandai dengan tinja yang cair dan sering, sering disertai dengan kram perut, mual, dan kadang-kadang muntah.

Ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau parasit dalam sistem pencernaan, atau bisa juga akibat dari makanan yang tidak sehat atau alergi terhadap susu.

Jika balita anda buang air besarnya lebih dari tiga kali dalam sehari, maka ayah dan ibu harus mewaspadainya.

Untuk menyembuhkannya, Anda bisa menggunakan beberapa obat alami : 

1. Pisang

Jika balita Anda mengalami diare, berikan ia pisang lebih banyak dari biasanya. Beberapa jenis pisang yang bisa dicoba yaitu pisang Ambon, pisang barangan, pisang raja, dan pisang nangka. Menurut penelitian, pisang mengandung serat larut bernama pektin yang terbukti efektif melancarkan BAB.

BACA JUGA:1 Tahun Bayi Harus Tidur Sekamar

2. Tempe

Tempe mengandung zat anti diare. Anda bisa menggunakan tempe sebagai obat dengan cara mengukusnya dan menggiling halus bersama bubur gurih tanpa santan. Olahan ini bisa menjadi menu MPASI si kecil setiap diarenya kambuh.

Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa mengiris tempe tipis-tipis dan memanggangnya dalam oven hingga kering. Kemudian, haluskan tempe tersebut menggunakan blender sampai berubah menjadi tepung. Campurkan tepung tempe ke dalam menu makanan atau minuman balita setiap diarenya kambuh.

BACA JUGA:Ibu Jarang Menyadari ! Inilah Penyebab Bayi Tidak Mau Minum ASI

3. Teh

Teh mengandung tanin yang dapat membantu mengatasi diare. Berikan teh pekat tanpa gula sebanyak 2-3 sendok kepada si kecil setelah makan. Biasanya teh akan bereaksi dengan cepat untuk melancarkan BAB.

Sumber: