Objek Wisata Bersejarah di Lampung Kunjungi Taman Purbakala Pugung Raharjo

Objek Wisata Bersejarah di Lampung Kunjungi Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo--

NASIONAL, CURUPESKSPRESS. COM - Provinsi Lampung selain memiliki keindahan pantainya, juga memiliki objek wisata sejarah, yang perlu diketahui. Dimana salah satunya objek wisata bersejarah, yakni Taman Purbakala Pugung Raharjo, yang berada di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Objek wisata bersejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo ini terdapat situs purbakala zaman megalitik dahulu, serta peninggalan tersebut berusia sangat tua dari zaman pra sejarah.

Adapun situs purbakala ini ditemukan pada tahun 1957 lalu, oleh masyarakat setempat yang melakukan penebangan pohon.

Dengan temuan awal berupa arca yang bercirikan masa klasik dan berlanggam Budha.

Sebenarnya, pengungkapan tradisi megalitik di Sumatera telah banyak dilakukan para pakar jauh sebelum Indonesia merdeka, antara lain Tombrink, Steinmetz, Ullman, Schnitger, Van der Hoop, dan Funke.

Setelah itu muncul ide oleh Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional bekerjasama dengan Pennsylvania Museum University untuk melakukan pencatatan dan pendokumentasian kepurbakalaan Pugung Raharjo. 

Tepatnya pada tahun 1968. Setelah itu dilakukan penelitian lebih juah tahun 1980 dilakukan ekskavasi, yang menghasilkan kesimpulan bahwa kompleks megalitik Pugung Raharjo memiliki luas sekitar 25 ha.

Objek wisata bersejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo, terdapat punden berundak yang bentuknya seperti piramida di Mesir, dengan 13 piramida mini yang ada disekitarnya.

Peninggalan-peninggalan zaman megalitik (dari tahun 2500 SM), klasik (Hindu-Budha) sampai Islam terdapat lengkap.

Keindahan Objek wisata yang satu in, juga terdapat arca batu, prasasti batu berlubang, menhir, arca tipe Polinesia, dan juga kolam megalitik yang dipercaya airnya bisa membuat awet muda.

Ditambah dengan sejumlah Artefak yang ditemukan seperti keramik asing dari berbagai dinasti, keramik lokal, manik-manik, dolmen, menhir, pisau, mata tombak, batu berlubang, batu asahan, batu pipisan, kapak batu, batu trap punden, gelang perunggu, dan batu bergores.

Arca Bodhisatwa tersebut saat ini disimpan di Museum Situs Pugungraharjo.

BACA JUGA:Legenda Di Balik Pantai Guci Batu Kapal Lampung

Sumber: