Tidak Hanya Singkong! 6 Makanan Ini Mengandung Sianida

Tidak Hanya Singkong! 6 Makanan Ini Mengandung Sianida

ilustrasi--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Baru baru ini, Masyarakat di hebohkan oleh kemunculan film "ICE COLD MURDER" yang menceritakan kasus penghilangan nyawa seseorang melalui kopi yang memgandung sianida pada 2016 lalu.

Film ini mengungkapkan fakta yang mengejutkan dimana sianida dapat di produksi secara alami melalui makanan. 

Sianida adalah bentuk senyawa kimia yang terdiri dari unsur nitrogen dan carbon berbetuk padat, cair dan gas yang memiliki sifat beracun. Sianida dapat membunuh dalam waktu yang cepat. 

Tidak hanya singkong makanan yang pernah kita konsumsi juga mengandung sianida apakah bisa menyebabkan kematian? 

Dosis sianisa yang bisa menghilangkan nyawa berkisar 200 sampai 300 miligram, walaupun dosis yang rendah dapat mengganggu kesehatan jantung dan otak. 

Berikut  6 makanan yang mengandung sianida:

1. Singkong

Singkonh bisa berbahaya jika dikonsumsi secara mentah, berlebihan, atau diolah dengan cara tidak tepat. Ini karena singkong mengandung bahan kimia yang disebut glikosida sianogenik, yang dapat melepaskan zat sianida dalam tubuh saat dikonsumsi.

BACA JUGA:

Mengkonsumsi singkong yang tepat adalah dengan mengupas kulit singkong sampai bersih, karena kulit singkong mengandung sianida paling tinggi. Selanjutnya, rendam singkong setidaknya dua hari sebelum dimasak dan masaklah singkong sampaibenar benar matang. Sebaiknya singkong dikonsumsi dengan mamadukannya dengan makanan yang mengandung protein tinggi

2. Biji apel

Biji-biji yang terdapat di bagian tengah apel mengandung mengandung zak amigdalin, zak ini dapat melepaskan zak sianida jika berinteraksi dengan enzim pencernaan. Namun, kandungan sianida setidaknya diperlukan sekitar 200 biji apel

3. Buah persik

Zat glikosida sianogenik pada buah persik dapat berubah menjadi zat sianida saat di konsumsi. Tidak perlu khawatir buah ini tetap aman jika dikonsumsi sedikit, sekitar 5 sampai 10 biji perhari. 

Sumber: