Kelebihan Menanam Sayuran dengan Metode Hidroponik, Pemula Harus Tau !!!

 Kelebihan Menanam Sayuran dengan  Metode Hidroponik, Pemula Harus Tau !!!

sumber: ss ig @hidroponik_casafarm--

ENTERTAINMENT, CURUPEKSPRESS.COM - Hidroponik merurupakan  teknik bercocok tanam yang peraktis sehingga di gemari  banyak orang akhir-akhir ini. Tehnik ini di bilang praktis karena tidak memerlukan tanah.

Sistem hidroponik adalah salah satu metode menanam berbagai bentuk tanaman dengan mengandalkan media air yang telah dicampur larutan mineral dan nutrisi yang kaya unsur hara esensial nitrogen, fosfor, dan kalium yang di salurkan langsung ke akar tananaman. Adapun beberapa jenis tanaman yang cukup sering ditanam dengan sistem hidroponik adalah tomat, timun, selada air hingga cabai.

Meski menggunakan media air, faktanya sistem hidroponik memerlukan air lebih sedikit jika dibandingkan dengan cara menanam konvensional lainnya.

Berikut kelebihan menanam sayuran degan  metode hidroponik :

1.  Cukup Mudah dan Praktis

Menanam dengan hidroponik akan lebih mudah dan praktis. Petani tidak perlu cacing atau sejenisnya untuk menggemburkan tanah agar subur. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih dengan sayur yang segar dan sehat  sehat  tetap dibutuhkan dasar ilmu mengenai hidroponik.

BACA JUGA:

2.  Hemat Lahan

Biasanya  menanam dengan metode yang biasa yang membutuhkan lahan tanah yang luas, namun tidak sama dengan  halnya  hidroponik yang bisa dimulai dari lingkungan yang minim lahan bahkan kita bisa memulai menanam  dalam rumah sekalipun. Karena hidroponik dapat tumbuh pada instalasi pipa yang didesain sedemikian rupa sehingga tidak memerlukan lahan yang luas.

3.  Bebas Hama

Bertanam  dengan metode hidroponik seperti sayuran  atau buah-buahan  tidak rentan  terserang hama dan penyakit. Karena tanaman dalam hidroponik lebih sedikit terkena penyakit tanaman yang biasanya berasal dari tanah. Sayur akan tumbuh lebih sehat dan bersih, hal ini disebabkan menanam dengan hidroponik tidak menggunakan pestisida.

4.  Pertumbuhan Tanaman Yang Lebih Cepat 

Bertanam dengan metode hidroponik  pertumbuhan tanaman yang lebih cepat karena tanaman tersebut  mendapat nutrisi langsung dan tidak perlu bersaing dengan gulma. 

Kelebihan Bertanam dengan metode hidroponik ini menjadi pilihan praktis untuk pertanian dalam berbagai situasi.

Sumber: