Manfaat Kerokan untuk Kesehatan Ditinjau Dari Sisi Medis

Manfaat Kerokan untuk Kesehatan Ditinjau Dari Sisi Medis

ILUSTRASI/NET--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Kerokan merupakan teknik pengobatan alternatif dimana kulit berminyak digosok dengan benda tumpul seperti koin. 

Tujuannya adalah memberikan tekanan lembut pada kulit hingga menimbulkan memar atau bintik merah pada area yang dikerok. Menurut pandangan tradisional, kerokan dipercaya dapat membantu menghilangkan angin pada tubuh yang dianggap sebagai penyebab berbagai gangguan kesehatan.

 

Praktek tradisional ini telah menjadi bagian dari budaya pengobatan alternatif masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun dan menjadi bahan kontroversi antara kepercayaan tradisional dan pengobatan modern. Namun, kini semakin banyak penelitian medis yang menyoroti manfaat kerokan bagi kesehatan dari sudut pandang ilmiah.

BACA JUGA:Sering Masuk Angin dan Kerokan, Hati-Hati Kenali Bahaya dari Sering Kerokan

Meskipun Kerokan bukan pengobatan  yang diakui secara medis, ada beberapa penelitian yang mencoba menjelaskan manfaatnya dari sudut pandang medis.

 

Berikut beberapa manfaatnya: 

 

 

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Dengan kerokan dapat melancarkan sirkulasi darah pada area yang dikerok. Ini akan membantu meredakan nyeri atau rasa sakit pada otot dan meredakan ketegangan.

BACA JUGA:Kunyit dan Pengobatan Tradisional Ayurveda

2. Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh

Sumber: