Mau Berhenti Merokok Tapi Susah? Ini Obat Herbal Untuk Berhenti Merokok. Simak Penjelasannya!

  Mau Berhenti Merokok Tapi Susah? Ini Obat Herbal Untuk Berhenti Merokok. Simak Penjelasannya!

bahaya merokok bagi tubuh-ist-

 HEALT, CURUPEKSPRESS.COM - Merokok merupakan suatu kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri, namun rokok juga berbahaya bagi kesehatan orang lain.  Namun dari survei yang dilakukan, banyak para perokok di Indonesia ini yang ingin sekali berhenti merokok. Akan tetapi kenyataannya, mereka sulit untuk berhenti merokok, meski sudah mencobanya berulang kali.

Perlu diketahui, merokok aktif maupun pasif, sama-sama terancam dapat terkena sejumlah penyakit serius. Selain penyakit kanker, terdapat beberapa dampak buruk lainnya yang mungkin terjadi kepada para perokok aktif maupun pasif. Diantaranya adalah penyakit paru-paru kronis, merusak gigi dan menyebabkan bau mulut, menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Bahaya merokok juga ditimbulkan oleh berbagai senyawa kimia berbahaya yang terkandung di dalam rokok, mulai dari nikotin yang bisa menyebabkan kecanduan dan karbon monoksida yang dapat menghambat suplai oksigen ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu, rokok juga mengandung tar yang berisiko mempersempit saluran udara kecil di paru-paru (bronkiolus) dan merusak silia (rambut-rambut halus pada dinding bronkiolus untuk mengeluarkan kuman dari saluran udara), serta benzena yang meningkatkan risiko terjadinya kanker darah (leukemia).

 

Jadi bagaimana caranya berhenti merokok? 

Salah satu caranya bisa menggunakan obat herbal sebagai cara yang efektif dan ampuh. Berikut beberapa obat herbal yang sipercaya bisa membantu perokok untuk berhenti merokok!

 

1. Ginseng

Ginseng digadang-gadang dapat mencegah pelepasan neurotransmitter dopamin yang dirangsang oleh nikotin. Dopamin adalah hormon yang membuat perasaan senang atau lebih baik setelah merokok dan bagian dari proses kecanduan.

Oleh karena itu, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ginseng Research menyatakan bahwa ginseng bisa jadi salah satu pilihan terapi kecanduan nikotin selain minum obat berhenti merokok. Hal ini dikarenakan, ginseng bisa melemahkan efek dopamin. Minum teh ginseng secara rutin diduga bisa mengurangi daya tarik merokok sehingga membuat sensasi setelahnya jadi kurang menyenangkan.

Namun untuk Gingseng ini, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan keefektifan ginseng sebagai cara berhenti merokok secara alami.

 

2. Jeruk nipis

Cara kdua ternyata bisa menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis segar, ternyata bukan cuma enak untuk dijadikan minuman. Sari jeruk nipis pun bisa digunakan sebagai cara berhenti merokok secara alami. Meskipun demikian, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa, jeruk nipis sedikit kurang efektif untuk mengurangi keinginan merokok dibandingkan dengan permen karet nikotin.

Sumber: