Cara Mudah Mendeteksi Seseorang yang Berusaha Membohongimu

Cara Mudah Mendeteksi Seseorang yang Berusaha Membohongimu

Mendeteksi Pembohong.-ILUSTRASI/NET-

NASIONAL,CURUPEKSPRESS.COM - Saat berinteraksi dengan orang lain, terkadang sulit membedakan mana yang benar dan mana yang bohong. Namun, beberapa tanda dapat membantu untuk mendeteksi jika seseorang mencoba berbohong kepada Anda.

Berikut beberapa cara sederhana yang dapat membantu:

 

1. Perhatikan bahasa tubuhnya

 

Saat seseorang berbohong, tubuhnya sering kali memberikan sinyal yang berbeda dengan perkataannya. Gestur tangan yang tidak wajar, perubahan ekspresi wajah yang tiba-tiba, atau gerakan tubuh yang canggung bisa menandakan ada sesuatu yang disembunyikan.

BACA JUGA:Tanda Seseorang Pendendam Meski Tampak Ramah Menyenangkan

2. Perhatikan perbedaan antara perkataan dan tindakan

 

Jika yang diucapkan tidak sesuai dengan perilaku sebenarnya, bisa jadi itu pertanda ada yang berusaha menutupi sesuatu. Misalnya, mereka mengatakan bahwa mereka “tidak punya waktu” padahal perilaku sehari-hari mereka menunjukkan sebaliknya.

 

3. Terlalu banyak detail atau kurang detail

 

Ketika seseorang berbohong, terkadang mereka mencoba memberikan terlalu banyak detail agar ceritanya lebih meyakinkan. Di sisi lain, mereka mungkin juga memberikan informasi yang terlalu sedikit agar tidak ketahuan berbohong.

BACA JUGA:

4. Waspadai perubahan pola pernapasan dan suara

 

Saat seseorang berbohong, ia mungkin menunjukkan perubahan pola pernapasan. Suara mereka mungkin terdengar lebih tegang atau terkadang serak.

 

5. Pertanyaan Sulit

 

Jika Anda menanyakan lebih detail atau pertanyaan sulit, pembohong cenderung menghindari pertanyaan tersebut atau memberikan jawaban yang panjang lebar.

BACA JUGA:

6. Hal-hal aneh dalam cerita

 

Saat seseorang mencoba berbohong kepada Anda, ceritanya mungkin tidak konsisten atau mengandung hal-hal yang aneh. Mereka mungkin lupa beberapa detail atau ceritanya mungkin tidak masuk akal.

 

7. Intuisi dan kesadaran diri

 

Terkadang intuisi kita bisa menjadi panduan yang ampuh. Jika seseorang merasa ada sesuatu yang tidak beres maka mungkin ada alasan untuk mencurigai suatu kebohongan.

BACA JUGA:Sikap Dewasa agar Sakit Hatimu Cepat Sembuh

Mendeteksi kebohongan tidaklah mudah dan teknik di atas juga memiliki keterbatasan. Penting untuk tidak hanya mengandalkan satu atau dua tanda namun melihat gambaran yang lebih besar.

Jangan ragu untuk menggunakan kombinasi teknik ini untuk membantu Anda memahami kejujuran seseorang ketika mereka berkomunikasi dengan Anda.

Sumber: