Apakah Shalat Tahajud Harus Tidur Dulu? Begini Penjelasan Syekh Ali Jaber

Apakah Shalat Tahajud Harus Tidur Dulu? Begini Penjelasan Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber-ILUSTRASI/NET-

Ada orang berkata, 'harus tidur dulu walaupun hanya tutup mata sebentar lalu dibuka lagi. Ini ilmu baru di Indonesia'.

Saya pernah share sebuah video, ada komentar dari jamaah yang berkata 'saya belajar kalau ingin shalat tahajud harus tidur dulu, walaupun hanya tutup mata sebentar lalu bangun', cerita Syekh Ali Jaber

Kembali kepada kemampuan kita, ada yang memang biasa tidur terlebih dahulu, lalu bangun tengah malam, sepertiga malam terakhir itu lebih afdal.

BACA JUGA:Syekh Ali Jaber Jelaskan Sebuah Perbuatan yang Membuat Hidup Seseorang jadi Sia-sia

BACA JUGA:2 Amalan Ini Bisa Membuat Alam Kubur Layaknya Taman Surga, Simak Penjelasan Syekh Ali Jaber

 

Tapi ada yang tau dirinya, kalau dia tidur terlebih dahulu man bisa dia bangun. 

Sehingga dari pada tidak melaksanakan shalat tahajud malam itu karena ketiduran, mendingan shalat dulu. 

Keutamaan shalat Tahajud disebutkan dalam Al-Quran dan hadits. Salah satu firman Allah Subhanahu wa taala dalam Al-Quran yakni:

Artinya, "Dan dari sebagian malam shalat tahajud lah kamu (Muhammad) dengan membaca Al-Quran (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkan mu pada tempat yang terpuji." (QS Al-Isra ayat 79).

BACA JUGA:2 Amalan Dahsyat Sebelum Memulai Pekerjaan, Jangan Dianggap Remeh Kata Syekh Ali Jaber

BACA JUGA:Inilah Manusia Terburuk yang Hidup Menjelang Hari Kiamat, Kata Syekh Ali Jaber

 

Selain itu, Nabi Muhammad juga pernah bersabda yang artinya, "Diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili ra, dari Rasulullah, beliau bersabda: ‘Kalian lakukanlah terus qiyamyul lail (dengan melakukan shalat Tahajud), karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Qiyamul lail (dengan melakukan shalat Tahajud) merupakan ibadah kalian kepada Tuhan kalian, melebur berbagai kesalahan dan mencegah dari dosa’," (HR Al-Hakim).

Demikian itu tadi penjelasan tentang shalat tahajud dari Tuan Guru Syekh Ali Jaber. Semoga dengan telah membaca pembahasan ini pengetahuan kita tentang shalat tahajud yang tidak harus tidur dulu, jadi bertambah dan bermanfaat. 

Sumber: