Gempa Megathrust Semakin Menghantui, Berikut Saran Untuk Persiapan Saat Terjadi Gempa !

Gempa Megathrust Semakin Menghantui, Berikut Saran Untuk Persiapan Saat Terjadi Gempa !

Peringatan gempa yang terjadi Munggu dini hari di Bengkulu.-Ist/CE-

CURUPEKSPRESS.COM - Gempa Megathrust adalah Gempa bumi berukuran sangat besar yang terjadi di zona subduksi. Di mana salah satu lempeng tektonik Bumi terdorong ke bawah lempeng tektonik lainnya.

Kedua lempeng saling bersentuhan dan bergerak maju satu sama lain, menyebabkan penumpukan regangan melebihi gesekan antara dua lempeng sehingga menyebabkan gempa megathrust yang besar.    

BACA JUGA:Ini Zona Gempa Megathrust di Indonesia

BACA JUGA:Terkait Potensi Gempa Megathrust Enggano, BMKG Minta Masyarakat Jangan Panik!

Gempa Megathrust digadang akan menimbulkan tsunami karena hampir semua catatan kejadian gempa ini dapat menimbulkan tsunami dan tentu berbahaya bagi masyarakat.

Jadi kali ini saya akan memberikan persiapan untuk menghadapi bencana gempa, berikut yang perlu anda persiapkan dalam menghadapi gempa ini :

1. Sebelum terjadi gempa


Gempa Megathrust -ILUSTRASI/NET-

  •  Perkuat struktur bangunan di lingkungan sekitar, jika bisa sebaiknya anda merenovasi  bangunan rumah anda yang  rentan terhadap gempa.
  •  Siapkan tas darurat, isi tas dengan barang-barang penting seperti makanan kaleng atau makanan yang tahan lama, minuman setidaknya 3 liter per orang, batre, senter, obat obatan dan dokumen penting yang dibungkus dengan plastik tahan.

BACA JUGA:BMKG Peringatkan Gempa Megathrust di Indonesia, Apa Itu?

BACA JUGA:Gempa 5.0 SR Guncang Bengkulu Terasa Hingga Kepahiang dan Curup

 

2. Saat terjadi gempa


Gempa Megathrust -ILUSTRASI/NET-

  •  Berlindung, lindungi kepala anda dari reruntuhan, jika memungkin kan untuk berlari keluar, larilah ke tempat lapang seperti lapangan atau pergilah ke tempat yang tinggi jika anda melihat adanya potensi tsunami,selain itu BMKG mengimbau pemerintah daerah agar membiarkan fakta ruang yang aman dan mampu menampung masyarakat sebagai upaya mitigasi bila  gempa megathrust  terjadi di indonesia, jadi pergilah ke tempat pengungsian yang telah di siapkan oleh pemerintah setempat.
  •  Periksa anda dan keluarga anda, jika terjadi cedera segera obati atau panggil bantuan medis yang sudah di siapkan pemerintah.

 

Sumber: