Legenda dan Sejarah Terbentuknya Danau Tes di Lebong, Ini Mitosnya!

Legenda dan Sejarah Terbentuknya Danau Tes di Lebong, Ini Mitosnya!

Legenda dan Sejarah Terbentuknya Danau Tes-ILUSTRASI/NET-

BACA JUGA:Keindahan Tersembunyi Danau Mas Harun Bastari di Curup

BACA JUGA:Keindahan Tersembunyi Danau Mas Harun Bastari di Curup

 

Mereka membicarakan tentang pekerjaannya yang selalu membuang tanah cangkulannya ke Sungai Air Ketahun, jika Si Pahit Lidah terus membuang tanah cangkulannya ke Sungai Air Ketahun akan menyumbat air sungai dan mengakibatkan air meluap, sehingga desa Kutei Donok akan tenggelam.

Karena itu mereka mencoba membuat Si Pahit Lidah berhenti melakukan pekerjaan nya dengan membohongi Si Pahit Lidah kalau anaknya sudah meninggal, awalnya Si Pahit Lidah tidak percaya namun karena yang berkata adalah ketua adat maka dia mengatakan "Baiklah! Karena Tuan-Tuan terhormat yang datang menyampaikan berita ini, maka saya sekarang percaya kalau anak saya telah meninggal dunia" kata Si Pahit Lidah.

BACA JUGA:Harta Tahta Boru Ni Raja Film Mengangkat Budaya Batak dan Kisah Cinta di Danau Toba,Berikut Sinopsisnya!

BACA JUGA:Bangka Belitung Punya Danau Kaolin yang Mempesona

Mendengar itu mereka pun kembali ke desa, setelah beberapa saat Si Pahit Lidah baru menyadari akan ucapan nya tadi di dalam hati dia yakin betul jika anak nya sebenarnya tidak lah meninggal, tapi meninggal karena ucapan nya sendiri. Dengan perasaan kesal Si Pahit Lidah melampiaskan amarahnya pada tanah garapan nya dan membuang tanah cangkulannya ke Sungai Air Ketahun.

Nah konon karena tanah yang dibuang Si Pahit Lidah itulah yang membendung aliran Sungai Air Ketahun dan akhirnya membentuk sebuah Danau Tes.

Itulah legenda dan sejarah terbentuk nya Danau Tes, sekian semoga membantu!!

Sumber: