Sejarah Singkat Kota Curup

Sejarah Singkat Kota Curup

Sejarah Singkat Kota Curup-ILUSTRASI/NET-

CURUPEKSPRESS.COM - Curup adalah sebuah kecamatan sekaligus menjadi ibu kota kabupaten di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Indonesia.

Pada masa lalu kota ini pernah berkedudukan sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, dengan Dr.A.K. Gani sebagai gubernur militernya. Nah berikut sejarah Curup, Rejang Lebong :

Nama Curup berasal dari kata "cu'up" dalam bahasa Rejang yang berubah menjadi "Curup" sesuai kebiasaan orang Melayu.

Nama Curup diberikan berdasarkan kenampakan alam di sekitar lokasi pendiriannya, seperti kebiasaan masyarakat Rejang dalam menamai permukiman mereka. Hari jadi Kota Curup ditetapkan secara legal formal pada tanggal 29 Mei 1880.

BACA JUGA:Sejarah Rumah Adat Rejang Kepahiang

BACA JUGA:Perubahan Ekonomi di Lebong: Sejarah Pertambangan dan perkembangannya

 

Curup yang sekarang merupakan fragmen kecil, sisa dari pemekaran Kecamatan Curup yang lama pada tahun 2005.

Curup dipecah menjadi lima kecamatan, yaitu Curup selaku kecamatan induk, serta Curup Selatan, Curup Tengah, Curup Timur, dan Curup Utara selaku kecamatan pemekaran.

Curup adalah daerah yang terkurung daratan yang berada di hamparan luas yang dikelilingi oleh Bukit Barisan hampir di segala sisinya.

BACA JUGA:Sejarah Budaya Rejang di Kepahiang

BACA JUGA:Sejarah Kerajaan Pat Petulai di Rejang Lebong

 

Hamparan yang luas ini dikenal masyarakat lokal sebagai luak. Dikarenakan Sungai Musi melintasi luak, hamparan tempat Curup dan kecamatan-kecamatan di sekitarnya berada dikenal sebagai Luak Ulu Musi.

Sumber: