7 Daftar Nama Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI

7 Daftar Nama Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI

7 Daftar Nama Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI-ILUSTRASI/NET-

CURUPEKSPRESS.COM - Gerakan 30 September (G30S) adalah sebuah peristiwa berlatar belakang kudeta yang terjadi selama satu malam pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober 1965 yang mengakibatkan gugurnya enam jenderal serta satu orang perwira pertama militer Indonesia dan jenazahnya dimasukkan ke dalam suatu lubang sumur lama di area Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Pada Orde Baru, Presiden Soeharto mengubah sebutannya menjadi G30S/PKI (Gerakan 30 September PKI) oleh karena tudingan bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) bertanggung jawab atas peristiwa ini.

BACA JUGA:Inilah 6 Kisah Pahlawan Nasional Indonesia, Ada Presiden Pertama RI!

BACA JUGA:Inilah 4 Pahlawan Nasional yang Berasal dari Aceh

 

Adapun Berikut 7 nama pahlawan revolusi korban G30S/PKI :

 

1. Jenderal Anumerta Ahmad Yani


7 Daftar Nama Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI-ILUSTRASI/NET-

Jenderal Ahmad Yani lahir di Jenar, Purworejo, 19 Juni 1922. Ia merupakan salah satu siswa yang mengikuti pendidikan Heiho di Magelang serta PETA di Bogor.

Setelah itu, karier Ahmad Yani berkutat di militer, beliau turut ikut dalam pemberontakan PKI Madiun 1948, Agresi Militer Belanda II, dan juga penumpasan DI/TII di Jawa Tengah. Pada 1958 ia diangkat sebagai Komandan Komando Operasi 17 Agustus di Padang Sumatera Barat untuk menumpas pemberontakan PRRI.

la diangkat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tahun 1962. Namun, pada tahun 1965 Ahmad Yani mendapatkan fitnah ingin menjatuhkan Presiden Soekarno, dan tewas ketika 1 Oktober 1965.

BACA JUGA:Ini Peran Pahlawan Wanita dalam Sejarah Perjuangan Indonesia

BACA JUGA:Berikut Adalah Pahlawan Kita yang Memiliki Peran Penting Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia!

Sumber: