Dosen UNIB Ajarkan Budidaya Cabai untuk Memanfaatkan Lahan Pekarangan di Pesantren Alkarim Kota Bengkulu

Dosen UNIB Ajarkan Budidaya Cabai untuk Memanfaatkan Lahan Pekarangan di Pesantren Alkarim Kota Bengkulu

Pelaksanaan PPM Dosen Universitas Bengkulu di Pesantren AlKarim Kota Bengkulu --

 

CURUPEKSPRESS.COM - Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Pesantren AlKarim di Desa Beringin Raya, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu  dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Jurusan Budidaya Pertanian, UNIB pada tanggal 21 September 2024.

Selain sebagai perwujudan dharma ketiga dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengabdian ini juga membuka silaturahmi, diskusi dan kerjasama antara perguruan tinggi dengan masyarakat. 

Tiga tim pengabdi sekaligus turun untuk membina para santri yang mukim di pondok pesantren.

Fokus pengabdian ini adalah pemanfaatan lahan sekitar pondok seluas 2 hektar yang saat ini masih kosong.

BACA JUGA:PKM Dosen Pertanian UNIB di Gapoktan Sumber Mulya Kepahiang Bengkulu

BACA JUGA:IAIN Curup Jalin Kerjasama dengan FH UNIB, Ini Kesepakatannya

Satu tim mentransfer ipteks budidaya cabai, tim pengabdi yang lain  mentransfer ipteks budidaya buah-buahan dan pembuatan pupuk organic cair.

Tim pengabdi untuk budidaya cabai dari UNIB diketuai oleh Prof. Dr. Catur Herison, MSc, peneliti cabai yang telah menghasilkan beberapa varietas baru cabai. 

Anggota tim pengabdi adalah Dr Ir. Rustikawati, MSi dan Dr.  Hesti Pujiwati SP. MSi. Dalam pelaksanaannya dibantu oleh Winanda Efityontari dan Meftahul Jannah mahasiswa semester 8 Program Studi Agroekoteknologi. 

BACA JUGA:Dosen UPP-UNIB Dukung Kemandirian Ekonomi Petani Kopi

BACA JUGA:Mahasiswi Fakultas Hukum UNIB Ditemukan Tewas Tergantung

Kepala sekolah AlKarim Dr.Abdul Hafiz, M.Ag  menyambut baik kegiatan yang diyakini dapat meningkatkan pengetahuan para santri sekaligus menambah aktivitas sehari-hari santri dengan kegiatan yang positif. 

Pada kesempatan acara pembukaan kegiatan PPM, Kepala sekolah Ponpes AlKarim menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada tim dosen Unib yang telah berbagi ilmu dan membantu para santri. 


Kepala Sekolah Ponpes AlKarim Dr.Abdul Hafiz M.Ag menerima tiga tim PPM UNIB--

Salah satu guru Ponpes AlKarim Muhammad Arsyad Abdullah, SH dalam sambutan pembukaan, mendorong para santri agar betul-betul serius mengikuti kegiatan pengabdian ini dan bisa dilanjutkan untuk pengembangan lahan pekarangan di sekitar ponpes yang masih banyak belum dimanfaatkan. 

Sumber: