Strategi Menghadapi Rekan Kerja yang Mudah Tersinggung

Menghadapi Rekan Kerja yang Mudah Tersinggung--
CURUPEKSPRESS.COM - Di dunia kerja tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan tugas dengan baik akan tetapi juga mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan rekan kerja. Tidak semua orang memiliki karakter yang sama.
Salah satu tantangan yang kerap muncul yaitu disaat harus berhadapan dengan rekan kerja yang mudah tersinggung. Bersikap terlalu sensitif memang bukan hal yang dapat langsung diubah, namun ada beberapa strategi cerdas yang dapat membantu menjaga komunikasi tetap sehat dan profesional tanpa memperkeruh suasana. Berikut strategi menghadapi rekan kerja yang mudah tersinggung.
1. Pahami Karakter dan Pemicu Emosinya
Langkah pertama yaitu mengenali apa saja yang dapat membuatnya tersinggung. Apakah rekan kerja tidak suka dikritik di depan umum, Apakah sensitif terhadap nada bicara atau pilihan kata tertentu. Dengan memahami pola emosinya dapat lebih berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu.
BACA JUGA:Tantangan Ketika Memberikan Arahan pada Rekan Kerja yang Lebih Senior
BACA JUGA:Tips Membangun Batasan dengan Rekan Kerja
2. Gunakan Bahasa yang Diplomatis
Cobalah menggunakan bahasa yang lebih halus dan diplomatis ketika memberikan masukan atau menyampaikan pendapat.
3. Fokus pada Fakta, Bukan Pribadi
Pastikan yang disorot merupakan masalahnya, bukan orangnya jika harus menyampaikan kritik atau ketidaksepakatan. Hindari komentar yang bersifat personal.
4. Bangun Hubungan Secara Personal
Orang yang mudah tersinggung terkadang merasa tidak aman atau kurang dihargai. Luangkan waktu untuk menjalin hubungan yang lebih baik secara personal. Ketika hubungan personal membaik komunikasi profesional pun biasanya ikut lebih lancar.
BACA JUGA:Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Gak Fleksibel
Sumber: