9 SMP Gelar Tes Tertulis

9 SMP Gelar Tes Tertulis

Penerimaan Siswa Baru


CURUP, CE - Sebanyak 9 sekolah tingkat SMP di Rejang Lebong, Jum'at (30/6) kemarin melaksanakan tes tertulis dalam rangka tes penerimaan peserta didik baru. Dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong beranggapan bahwa tes tertulis yang dilakukan sejumlah sekolah yang ada merupakan sebuah kompetisi bagi siswa yang ikut serta pada pelaksanaan tes untuk mencapai sebuah sekolah tujuannya.

"Tes ini merupakan sebuah kompetisi yang harus dilewati peserta untuk mencapai sebuah tujuan," Kadis Dikbud T Samuji melalui Sekdis Dikbud Noprianto SPd MM kemarin. Menurutnya, bahwa tes tersebutlah yang akan menentukan lulus atau tidak kepada sekolah tujuannya karena dari 9 sekolah yang ada memiliki kuota yang terbatas sesuai dengan jumlah kelas yang dimiliki oleh setiap sekolah.

"Ini harus diikuti, jika ingin mencapai tujuan," sampainya. Pihaknya berharap bahwa tidak ada lagi sekolah yang tidak dapat siswa, dan siswa yang tidak dapat sekolah. Maka tentunya, dari hasil tes tersebut yang dilakukan kemarin hanya beberapa siswa yang bisa diterima bagi sekolah yang melaksanakan tes dan bagi yang belum diterima atau dinyatakan lulus harus masuk ke dalam zonasi dengan artian bahwa siswa mau tidak mau harus bersekolah dimana ia tinggal.

"Nanti yang tidak lulus dari sekolah tujuan awal, maka siswa yang bersangkutan akan kembali kepada zonasi. Maksudnya, bersekolah dekat dimana tempat siswa tinggal," katanya. Sementara itu dengan penerapan sistem demikian akan memberikan dampak dan salah satu program yang dicanangkan yakni pemerataan pendidikan disetiap sekolah bisa tercapai. "Demi pemerataan pendidikan, mudah mudahan sistem ini berdampak," tandasnya. (CE5)

Sumber: