Waspada! Modus Pembobolan 'Ganjal ATM'

Waspada! Modus Pembobolan 'Ganjal ATM'

IST/CE Screenshot pengkapan pelaku ganjal ATM di Kabupaten Rejang Lebong.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Aksi pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) terjadi di Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam aksinya para pelaku menjalankan aksinya dengan mengganjal salah satu mesin ATM di Rejang Lebong.

Informasi terhimpun wartawan di lapangan jika aksi pembobolan ATM ini terjadi pada Minggu (24/7) kemarin. Adapun terungkapnya kasus pelaku ganjal ATM ini bermula saat Yesi Ariani (43) warga Kelurahan Kepala Siring Kecamatan Curup Tengah  sedang melakukan transaksi di ATM BRI yang ada di SPBU Simpang Korem Kelurahan Air Putih Baru Kecamatan Curup Selatan. 

BACA JUGA :  BaBe Usulkan Penyertaan Modal 2023 

"Hari itu saya mau isi minyak, karena tidak cukup uang saya ambil lah uang di ATM di SPBU Simpang Korem," ujar korban kepada wartawan, Senin (25/7).

Kemudian saat hendak memasukkan ATM, kata korban dirinya kesulitan. Melihat korban kesulitan memasukkan ATM, datanglah kedua pelaku ini menawarkan bantuan. 

BACA JUGA :  Belajar Dari FB, Upal Sudah Beredar Hingga Luar Bengkulu! 

"Awalnya saya menolak dan ingin pindah ke ATM lainnya. Namun mereka ini terus memaksa saya, karena tidak enakan, saya kemudian bersedia untuk dibantu. Bahkan saya juga berulang kali diminta memasukkan pin, hingga akhirnya ATM tertelan mesin," sampainya. 

Karena ATM nya tertelan, kedua korban menyarankan untuk melapor ke call center saja. Namun sebelum melapor, korban menelepon adiknya menanyakan soal mekanisme laporan kalau ATM tertelan.

Kemudian adik korban, menanyakan dimana posisi ATM tertelan termasuk saat itu ada yang membantu atau tidak. 

BACA JUGA :  Kejari Selamatkan Rp 391 Juta Keuangan Negara 

"Karena saya bilang ada, kemudian adik saya ini langsung ke lokasi. Sampainya di ATM ini, adik saya meminta saya langsung naik mobil dan memburu orang yang berpura-pura menolong," ujarnya.

Mendapati hal tersebut, kemudian atas saran adiknya, kemudian berbagi tugas untuk ada yang ke Bank Bengkulu dan ada juga ke Bank BCA.

Oleh karena itu, korban Yesi atas saran adiknya langsung menuju ATM BCA dan melihat diduga kedua pelaku tengah melakukan transaksi.

"Melihat keduanya, pelaku langsung dipegang adik saya dan kemudian dibantu masyarakat serta ada Satpam Bank juga. Hingga akhirnya pelaku berhasil diamankan," katanya.

Selanjutnya setelah itu, pelaku diserahkan ke pihak kepolisian.

"Setelah itu, pelaku langsung diserahkan ke polisi," tandasnya.

Sumber: