Laporkan

Laporkan

ILUSTRASI/NET--

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Sejak hari Jum'at (5/8) lalu, pencairan program keluarga harapan (PKH) tahap III sudah bisa dilakukan masing-masing keluarga penerima manfaat (PKM) di BRI Link terdekat. 

Berkenaan dengan hal tersebut Koordinator Kabupaten PKH Rejang Lebong, Firdaus SPdI mengatakan, bahwa pihaknya akan memastikan para KPM yang bersangkutan akan menerima bantuan secara penuh. Tanpa ada potongan berupa sunatan dari pendamping maupun pihak lainnya.

"Untuk memastikan KPM bisa menerima bantuan PKH secara penuh, kami sudah instruksikan agar pendamping tidak ikut campur pada proses KPM melakukan pencairan. Hanya saja kami instruksikan kepada para pendamping agar KPM dapat mencairkan bantuan yang di terimanya di BRI link terdekat tanpa didampingi oleh pendamping," ujarnya.

Dikatakan Firdaus, jika ada pendamping yang meminta jatah ataupun berusaha untuk memotong bantuan yang diterima KPM. KPM yang bersangkutan bisa melaporkan hal tersebut kepada pihaknya.

Karena jika ada kejadian seperti itu, pihaknya akan memproses yang bersangkutan untuk diberikan teguran dan juga peringatan keras.

"Kami tidak mau ada pendamping yang melakukan pelanggaran seperti sebelumnya. Karena tugas pendamping hanyalah mendampingi KPM jika mereka mengalami kendala," tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Firdaus, berkenaan dengan ada tidaknya penambahan KPM pada pencairan bantuan PKH tahap III, pihaknya belum dapat menginformasikan hal tersebut. Hal itu dikarenakan data SP2D belum diterima oleh pihaknya.

"Ada tidaknya penambahan KPM bantuan PKH pada tahap III ini, itu belum bisa kami ketahui. Karena kami juga masih menunggu data SP2D masuk ke sistem kami," sampainya.

Begitupun dengan berapa termin pencairan bantuan PKH pada tahap III ini sambung Firdaus, pihaknya belum bisa memastikan akan ada berapa termin. Yang jelas semua anggaran bantuan PKH yang ada semuanya akan disalurkan kepada KPM sesuai dengan komponen nya masing-masing.

"Untuk anggaran bantuan PKH pada tahap III ini sebesar Rp 6 miliar lebih, dan akan disalurkan kepada 9 ribu lebih KPM di seluruh Kabupaten RL. Yang jelas pencairan akan dilakukan pada setiap terminya hingga awal Bulan September nanti," singkatnya. 

Sumber:

Berita Terkait