Antisipasi Bencana, BPBD Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Antisipasi Bencana, BPBD Pangkas  Pohon Rawan Tumbang

Adit/CE BPBD Lebong saat melakukan penebangan pohon rawan tumbang di kelurahan Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara --

LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, terus berupaya meminimalisir potensi terjadinya bencana.

Salah satunya dengan cara memangkas dan melakukan penebangan  pada batang pohon yang dinilai rawan  tumbang di sepanjang jalan utama mulai Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara hingga Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei.

Sebagaimana yang disampaikan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lebong, Hendra Surya, penebangan dan pemangkasan pohon rawan tumbang mulai dilaksanakan mulai kemarin Kamis (11/8).

Setidaknya ada 50 pohon yang menjadi sasaran untuk dilakukan pemangkasan bahkan penebangan  sepanjang jalan Talang Ulu hingga Komplek Perkantoran Pemkab Lebong.

"Pelaksanannya dilakukan secara bertahap. Untuk hari ini (kemarin, red) sudah 2 pohon yang ditebang, " kata Hendra.

Lebih jauh dijelaskannya, upaya yang dilakukan tersebut, sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir potensi pohon tumbang saat terjadi angin kencang yang dinilai dapat membahayakan keselamatan masyarakat. 

"Yang ditebang hanya pohon yang dinilai rawan saja. Seperti pohon yang sudah berumur tua dan kebanyakan jenis sengon yang 

diketahui mudah patah, " tambahnya.

Disisi lain, ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap setiap potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Terlebih saat ini masih dalam kondisi cuaca ekstrim, artinya potensi terjadinya bencana juga semakin meningkat.

"Kami imbau masyarakat untuk tetap waspada. Potensi bencana alam seperti tanah longsor, banjir hingga pohon tumbang bisa terjadi kapan saja, " tukas Hendra. 

Sumber: