Rawan Laka Lantas, Satlantas Pasang Tanda Peringatan

Rawan Laka Lantas, Satlantas Pasang Tanda Peringatan

IST/CE Satlantas Polres Lebong saat memasang baliho peringatan di jalur lintas Kelurahan Talang Ulu --

LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas)pada jalur yang dinilai rawan terjadinya lakalantas, Jum'at (12/8) pagi, Satlantas Polres Lebong melakukan pemasangan baliho tanda peringatan  di beberapa daerah yang biasa disebut black spot, diantaranya tanjakan Desa Talang Ulu yang belakangan ini sering terjadinya lakalantas. 

Kapolres Lebong, AKBP Awilzan SIK melalui Kasat Lantas AKP Lilik Sucipto mengatakan, baliho himbauan ini dipasang diderah rawan kecelakaan lalulintas, di sepanjang jalan yang dinilai sebagai titik rawan tempat terjadinya kecelakaan, terutama kendaraan yang bertonase tinggi.

"Ini merupakan upaya kami dari  Satlantas Polres Lebong untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Mengingat ada beberapa titik ruas jalan di Kabupaten Lebong ini yang belakangan sering terjadi kecelakaan, salah satunya tanjakan Desa Talang Ulu ini. Terutama kendaraan dengan muatan tonase tinggi yang belum hapal medan jalan," kata Kasat. 

Menurutnya, perlunya perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda) Lebong agar dapat memperhatikan kelengkapan jalan raya untuk penunjang keselamatan pengendara.

Seperti rambu-rambu peringatan, pembatas jalan hingga penerangan yang dinilai masih sangat minim di ruas jalan raya Kabupaten. 

"Tentunya kami mengharapkan perhatian dari OPD terkait untuk memperhatikan kelengkapan jalan raya. Karena itu merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan," harapnya. 

Terpisah Plt Kepala Dinas PUPR-Hub Kabupaten Lebong, Joni Prawinata SE MM menjelaskan, pihaknya siap untuk membenahi infrastruktur penunjang yang ada.

Terutama titik-titik dimana rawan terjadinya kecelakaan seperti di tanjakan Desa Talang Ulu. 

"Kalau di lokasi tersebut, memang sudah ada pembatas jalannya. Karena beberapa kali dihantam oleh kendaraan yang terperosok, jadi pembatas tersebut jebol. Namun kami  siap untuk memperbaiki pembatas jalan tersebut dan membenahi sarana penunjang lainnya," singkat Joni. 

Sumber: