Pohon Tumbang Putuskan Jaringan PLN

Pohon Tumbang Putuskan Jaringan PLN

ARI/CE BPBD sedang lakukan pemangkasan pohon tumbang. --

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM - Pohon tumbang yang terjadi di Jalan Sidomulyo Kelurahan Tempel Rejo Kecamatan CURUP Selatan,  mengakibatkan jaringan PLN dan Telkom putus

Dalam peristiwa yang terjadi pada Jumat (19/8) kemarin sekira pukul 08.30 WIB diduga diakibatkan oleh angin kencang yang melanda kota CURUP

Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) RL, Drs Shalahuddin melalui Kasi Kedaruratan, Rio Agustian menyampaikan, jika sesampainya di lokasi pihaknya langsung memangkas pohon yang roboh ke jalan tersebut agar lalu lintas di area itu bisa kembali kondusif dan lancar.

"Supaya jalan bisa digunakan lagi, kita langsung pangkas dan singkirkan pohon yang tumbang itu," katanya.

Lanjut Rio, dalam peristiwa Pohon tumbang tersebut diketahui tidak sampai menimbulkan korban jiwa ataupun kerugian material. Namun kabel jaringan PLN dan Telkom yang terkena dampaknya.

"Beruntungnya saat kejadian tidak ada korban jiwa, karena posisi pohon itu tumbang di lahan kosong dan roboh ke jalan," ujarnya.

Ditambahkannya, Pohon tumbang sudah beres disingkirkan. Permasalahan kabel jaringan yang terdampak tinggal instansi terkait yang menanganinya.

"Soal kabel jaringan kami serahkan ke ahlinya orang PLN," tutur Rio.

Sementara itu, Supervisor Teknik PLN CURUP, M Taufik yang dikonfirmasi CE menyampaikan, setelah menerima laporan dari warga pihaknya segera melakukan evakuasi dan penanganan untuk memastikan jaringan PLN aman dari masyarakat.

"Pertama kami turun untuk mengecek jaringan PLN tetap aman dari masyarakat dan anak-anak khususnya," sampai Taufik.

Setelah Pohon tumbang dibereskan BPBD, terang Taufik, pihaknya mematikan trafo di area tersebut agar aliran listrik yang ada pada jaringan kabel tersebut padam. Sehingga proses evakuasi kabel jaringan bisa dilakukan dengan aman.

"Jadi apinya kami padamkan sementara, sambil meminta kepada warga setempat untuk jangan mendekati kabel tersebut meskipun trafo sudah dipadamkan," jelasnya.

Adapun besaran daya listrik pada kabel jaringan PLN yang terdampak yakni sebesar 220 volt, yang mana memang ukuran daya perumahan. 

Sumber: