Jumlah Warga RL Terpapar Tuberkulosis Capai 198 Jiwa, Ini Penyebabnya!

Jumlah Warga RL Terpapar Tuberkulosis Capai 198 Jiwa, Ini Penyebabnya!

NET/CE Ilustrasi TB.--

Terbukti dari 198 warga yang sudah terpapar TB, saat ini sudah ada ratusan masyarakat di wilayah Kabupaten Rejang Lebong juga diketahui sudah terindikasi TB.

Jumlah tersebut pun diperkirakan masih akan terus bertambah, apabila masyarakat tak menjaga kebersihan dan tak menjalankan giat pencegahan sejak dini.

BACA JUGA:Tanda-tanda Peringatan Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

BACA JUGA:Peralihan Musim, Waspadai 5 Jenis Penyakit Ini

 

Dingkapkan oleh Amri Kader Penabulu RL, jumlah warga yang terpapar TB itu berdasarkan data yang terhimpun di Dinas Kesehatan (Dinkes) RL.

Bahkan bukan tidak mungkin menurutnya, jumlah warga terindikasi TB bisa sampai 6 kali lipat dari jumlah warga yang sudah terdampak TB.

Hak itu dikarenakan, penyakit TB ini bisa menularkan anggota keluarga lainnya, apabila tak menjalankan pencegahan dini seperti terapi pencegahan tubercolosis (TPT).

"Akibat banyak masyarakat yang acuh tak acuh. Penyakit TB akan semakin cepat menyebar di lingkungan masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Risiko dan Pencegahan Penyakit Menular yang Menyebar Melalui Air Liur

BACA JUGA:Bahaya Tidak Mengganti Bantal, Banyak Penyakit Mengintai!

 

Dijelaskannya, untuk mencegah penyebaran TB ini bisa dengan cepat dilakukan. Asalkan masyarakat, mau mendengarkan dan mau menjalankan apa yang disampaikan oleh pihak kesehatan serta Penabulu terkait pencegahan TB.

"Kita berharap, masyarakat bisa mendengarkan apa yang kami sampaikan, khususnya bagi mereka yang terdampak dan terindikasi," jelasnya.

Disamping itu kata Amri, penyakit TB ini bukan penyakit yang bisa dianggap sepele.

Sumber: