Dosen UNIB Ajarkan Budidaya Cabai untuk Memanfaatkan Lahan Pekarangan di Pesantren Alkarim Kota Bengkulu

Dosen UNIB Ajarkan Budidaya Cabai untuk Memanfaatkan Lahan Pekarangan di Pesantren Alkarim Kota Bengkulu

Pelaksanaan PPM Dosen Universitas Bengkulu di Pesantren AlKarim Kota Bengkulu --

Selain menyediakan bibit cabai rawit siap tanam, tim pengabdi dari Unib juga menyerahkan perlengkapan untuk budidaya cabai rawit meliputi pupuk, obat-obatan serta sprayer.sebagai sarana pemeliharaan tanaman. 


Tim pengabdi UNIB menyerahkan sarana produksi budidaya cabai-ILUSTRASI/NET-

 

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan dan praktik menanam cabai rawit di lahan pekarangan pesantren AlKarim. 

Pada kesempatan ini ketiga tim pengabdi melaksanakan penyuluhan yang akan dilanjutkan dengan praktik budidaya cabai, buah-buahan dan pembuatan POC pada kesempatan lain. 

Para santri yang hadir sangat antusias dan mengikuti penyuluhan. Diskusi berkembang interaktif sangat menarik. 

Hal ini karena budidaya cabai telah sering dilakukan oleh para santri dibimbing guru yang ternyata menghadapi banyak kendala.

Diantara kendala yang didiskusikan adalah persiapan lahan.  Mereka belum menyadari bahwa lahan disekitar Ponpes AlKarim bersifat masam sehingga tanaman tidak mampu tumbuh dengan baik. 

Dengan pengapuran 2 ton/ha seperti dicontohkan dalam video budidaya cabai yang telah dilakukan oleh tim pengabdi baru dipahami solusi permasalahan yang ada.  


Para santri mengikuti penyuluhan tentang teknik budidaya cabai --

 

Pada diskusi juga berkembang terutama hal-hal yang berkaitan organisme pengganggu tanaman. 

Sebagian besar  santri belum berpengalaman dalam budidaya cabai sehingga perlu dijelaskan dengan detail hama dan penyakit utama yang biasanya menyerang tanaman cabai serta bagaimana mengendalikannya.   

Untuk budidaya cabai, Ponpes AlKarim telah menyediakan lahan seluas 2000 m2  Para santri diajari cara mempersiapkan lahan dan membuat lubang tanam.

Lubang tanam dibuat dengan jarak sekitar 50 cm. Bibit cabai yang telah disediakan oleh tim pengabdi selanjutnya ditanam oleh para santri Ponpes AlKarim. 

Sumber: