Angkutan Penumpang Banyak Tak Standar

Selasa 29-11-2016,13:13 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

Kepahiang, CE -Terkait masih banyaknya angkutan kendaraan penumpang yang tak standar, seperti bak yang terbuka serta berplat hitam Kasat Lantas AKP Rafenil Yaumil Rahman SH mengatakan hal tersebut memang menjadi permasalahan tersendiri. Sejatinya kendaraan itu tidak boleh beroperasi untuk mengangkut penumpang. Hanya pihak Satlantas Polres Kepahiang saat ini masih memberi toleransi.

"Kebanyakan angkutan penumpang di Kepahiang dimodifikasi dan dijadikan untuk mengangkut penumpang. Padahal faktor keselamatan kendaraan yang digunakan tersebut tidaklah menjamin. Namun karena kita masih mentoleransinya maka kita perbolehkan untuk sekarang ini," terangnya.

 Sementara itu Ketua Organda Kabupaten Kepahiang Arbi SIP mengaku pihaknya masih melakukan pembahasan untuk mencari solusi atas maraknya mobil angkuta penumpang yang dimodifikasi. "Terkait masih banyaknya modifikasi dalam kendaraan angkutan penumpang, kita sedang dalam proses mencari solusi. Apakah akan ditertibkan, atau ada pelarangan," sampai Arbi.

Pasalnya, tandas Arbi, setiap taxi, harus jelas trayek, dan jelas aturannya. Jangan sampai plat hitam dimodifikasi lalu dijadikan taxi secara ilegal. Hal ini akan berdampak terhadap penghasilan taxi umum resmi. "Nanti kita upayakan mencari aturan, terkait hal ini," imbuhnya. Organda sendiri siap bersinergis dengan semua pihak, termasuk kepada Pemerintah Kabupaten Kepahiang, Kepolisian dan Dinas Perhubungan. "Kami siap membantu semua pihak, kita akan kerjasama dengan Jasa Raharja, Kepolisian, Samsat, dan Pemerintah," ujarnya. (CE3)

Tags :
Kategori :

Terkait