Selama Tahun 2016, Pengembangan Koperasi Berhasil

Sabtu 17-12-2016,14:03 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

CURUP, CE - Hingga akhir tahun 2016 ini, Dinas Koperasi UKM Prindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kabupaten Rejang Lebong menyatakan bahwa tingkat pengembangan koperasi yang ada saat ini tergolong mengalamai keberhasilan. Demikian dikatakan oleh Kepala Diskopukmperindag, Bustami SSos melalui Kepala Bidang (Kabid) Koperasi , Uswandi SE bahwa dari data yang mereka miliki, dalam satu tahun ini cukup banyak koperasi yang mengalami keberhsilan walaupun tidak dapat dipungkirinya ada juga beberapa koperasi yang mengalami kemerosotan.

"Mengenai angkanya sendiri saya tidak begitu hapal, kan tetapi jika ditanya tingkat keberhasilan dalam pengembangannya, di Rejang Lebong sendiri dapat saya pastikan bahwa pengembangan koperasi yang ada di disini dapat digoklongkan kedalam kategori berhasil. Pasalnya dari sekitar 180 koperasi yang ada dikabupaten Rejang Lebong ini, dapat dikatakan hanya sekitar 10% yang mengalami kemerosotan," sampainya.

Menurutnya bahwa kemerosotan koperasi yang bersekala kecil tersebut diakibatkan oleh individu dari koperasi itu sendiri. "Kemerosotan yang mereka alami itu diakibatkan oleh eksistensi dari koperasi itu sendiri. Dalam hal ini yang saya maksudkan adalah kemauan dari keoperasi itu sendiri untuk berkembang sangatlah lemah dan hal tersebut bisa juga diakibatkan oleh sumber daya manusia yang ada didalamnya kurang serius dalam mengembangkan koperasi yang mereka dirikan," ujarnya.

Kemudian Uswandi juga mengatakan bahwa Sebenarnya mereka sudah melakukan beberapa upaya dalam membantu koperasi yang ada di Rejang Lebong ini agar mereka dapat terus berkembang.  "Kami biasanya rutin melakukan monitoring ke koperasi-koperasi yang ada di Rejang Lebong ini, bahkan dalam bentuk jemput bola. Biasanya kami melakukan beberapa sosialisasi dan juga pembinaan kepada mereka terkait pengembangan koperasi minimal dua kali dalam satu tahun untuk setiap koperasi untuk setiap kunjungan yang kami lakukan," katanya.

Uswandi mengatakan, kedepannya pada tahun 2017 mendatang mereka tetap akan rutin dalam melakukan monitoring terhadap mereka dalam rangka terus meningkatkan eksistensi koperasi di Rejang Lebong ini.  "Yang jelas, kami akan terus melaksanakan pembinaan rutin termasuk di tahun-tahun berikutnya, dan tentunya kami berharap dan menghimbau kepada para pelaku koperasi untuk terus meningkatkan kualitas dan juga kemauan untuk terus berkembang," tandasnya. (CW3)

Tags :
Kategori :

Terkait