Tidak Dipilih, Kades jangan Dendam

Rabu 18-01-2017,13:59 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

Pelantikan 4 Kades Kecamatan Pinang Belapis LEBONG, CE - Bupati Kabupaten Lebong, H Rosjonsyah SIP MSi melakukan pelantikan sebanyak 4 kepala desa (kades) di Kecamatan Pinang Belapis, Selasa (17/01) kemarin. Menariknya dalam pelaksanaan pelantikan tersebut, Bupati meminta Kades yang dilantik agar tidak dendam kepada warga yang tidak memilik dirinya dalam Pilkades lalu.

Disisi lain, sebanyak 4 Kades yang dilantik tersebut adalah Hajron Kades Sungai Lisai, Abdul Kades Ketenong II, Hendri Kades Ketenong Jaya, dan Ahmad Kades Sebelet.  "Jangan mentang-mentang ada warga yang tidak milih kalian, lantas kalian memberi pelayanan yang berbeda kepada mereka. Jangan dimusuhi, yang seperti itu seharusnya kalian rangkul, maka nantinya dia kan malu sendiri kenapa kemarin tidak memilih kalian. Itu namanya menampar orang dengan ahlak. Jika kalian melakukan hal itu mudah-mudahan nanti kalian akan terpilih kembali menjadi kades," sampai Bupati.

Bupati juga berpesan agar dalam pengelolaan dana desa (DD), Kades harus benar-benar menggunakannya demi kepentingan rakyat. "Saya selalu mengingatkan jangan sampai penggunaan DD itu digunakan untuk kepentingan pribadi, karena itu akan sangat fatal akibatnya. Tentu saja itu penjara akan siap menunggu bagi kades yang menyelewengkan dana DD untuk kepentingan pribadi," ujar Bupati.

Bupati juga mengingatkan Kades untuk tertib administrasi, karena itu juga tidak kalah pentingya. "Dan untuk hal itu saya minta kepada para Camat untuk turun langsung membantu para Kades dalam hal penyusunan administrasinya terkait RPJMD," jelas Bupati. Selanjutnya Bupati juga kembali mengingatkan kepada para kades untuk memilih perangkat desa minimal tamatan SMA sederajat.

"Karena ini mengelola uang yang cukup banyak, tentunya juga diperlukan perangkat desa yang tentunya memiliki pendidikan, jadi sesuai dengan peraturan perundang-undangan maka silahkan tentukan perangkat desa yang memilii pendidikan minimal tamatan SMA sederajat," harapnya. Bupati juga meminta para Kades untuk selalu akur dengan anggota BPD dan juga selalu koordinasi dengan pihak pemda terkait program yang akan dijalankan. Tujuanya agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

"Saya minta antara anggota BPD dan Kades selalu menjaga hubungan baik, jangan sampai ada ketidak selarasan antara Kades dan BPD karena itu akan dapat menjadi kendala dalam melaksanakan pembangunan di desa. Dan juga yang selalu saya ingatkan, jangan lupa untuk selalu koordinasi dengan pihak pemerintah daerah terkait program yang akan dilaksanakan agar adanya keselarasan anatara pembangunan di desa dan pemerintah daerah," pungkasnya. (CE2)

Tags :
Kategori :

Terkait