Menyambut Tahun Baru Islam, Kemenag Ajak Kaum Muslim Perbanyak Doa

Selasa 10-08-2021,13:02 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Dalam memperingati Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah yang jatuh pada Selasa 1 Muharram. Keluarga besar Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong akan mengadakan doa bersama. Hal itu dilakukan sebagai bentuk Mujahadah untuk bangsa.

"Menyambut Tahun Baru Islam kali ini, kita keluarga besar Kemenag Rejang Lebong, akan adakan doa bersama. Mujahadah untuk bangsa dan negara," ungkap Kakan Kemenag Kabupaten Rejang Lebong, H. Nopian Gustari, S.Pd.I, M.Pd.I ketika diwawancara CE Senin (9/8).

Dikatakan Nopian, kegiatan tersebut akan diselenggarakan melalui virtual acara dan akan dimulai selepas sholat isya.

"Rencananya doa bersama itu akan kita lakukan ba'da isya dan secara virtual. Jadi tidak mengumpulkan massa ataupun kerumunan," katanya.

Selanjutnya, pihaknya juga mengajak kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Rejang Lebong khususnya, untuk ikut melakukan doa bersama bersama keluarga.

"Kami juga keluarga besar Kemenag Kabupaten Rejang Lebong, mengajak semua masyarakat muslim perbanyak do'a di malam ini. Guna merenungi apa saja yang telah kita lewati selama setahun ini, pada intinya muhasabah diri. Tentunya juga cukup dilakukan bersama keluarga dirumah," tuturnya.

Adapun doa akhir tahun yang bisa dibacakan seperti berikut ; Bismillaahir-rahmaanir-rahiim, Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits-tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam.

Berikutnya doa awal tahun seperti ini ; Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.

"Ada banyak Fadillah yang bisa didapatkan setelah membacanya. Doa akhir tahun, semoga dengan doa tersebut dosa-dosa kita diampuni, dan menjauhkan segala apa yang mungkin menjadi balak dan bencan kita di tahun ini. Kemudian doa awal tahun, semoga mudah-mudahan kita selalu dilindungi Allah, umur panjang, sehat selalu dan semoga pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir," tandasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait