Hanya 125 Nakes Terima Insentif

Senin 16-08-2021,10:04 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Ternyata dari ratusan tenaga kesehatan (Nakes) yang ada di Kabupaten Kepahiang, tidak seluruhnya mendapatkan penghasilan tambahan atau insentif penanganan pasien Covid-19. Berdasarkan data yang didapatkan wartawan koran ini, hanya ada 125 Nakes saja yang mendapatkan insentif dibawah kendali Dinas Kesehatan (Dinkes). Dimana besaran keseluruhannya disiapkan pemerintah sebesar Rp. 697.500.016.

Kepala Dinas Kesehatan Kepahiang H. Tajri Fauzan, S.Km. M.Si dikonfirmasi terkait dengan jumlah nakes yang mendapatkan insentif itu, menyebutkan jika jumlah itu disesuaikan dengan anggaran yang ada.

"Benar kalau nakes yang membantu penanganan Covid-19, kami rasa semuanya saat ini sudah turun tangan dan sudah bekerja untuk penanganan Covid-19, karena ini memang sudah tanggung jawab kami sebagai nakes," ungkap H Tajri.

Disampaikan Tajri, dengan keterbatasan anggaran yang disediakan untuk pembayaran insentif, Nakes yang dapat diakomodir untuk mendapatkan insentif hanya sebagian kecilnya saja, hanya sebanyak 125 nakes.

Yang rinciannya sebut Tajri, terdiri dari 16 Dokter Umum, 37 Perawat, 57 Bidan, 10 Analis, dan Nakes lainnya.

"Kami menyesuaikan dengan anggaran, maka itu dari 14 Puskesmas yang ada kami hanya mengambil perwakilan saja untuk nakes yang dapat Insentif ini," ujarnya.

Selain dari tidak seluruh nakes yang mendapatkan insentif, meski mereka --Nakes-- juga telah membantu penanganan terhadap upaya pencegahan penularan Covid-19.

Besaran insentif yang diterima pun sebut Tajri, juga belum sesuai dengan yang diperintahkan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kesehatan. Hanya saja tegas Tajri, keadaan tersebut dapat dimengerti para Nakes di Kabupaten Kepahiang, sehingga tidak menurunkan semangat bagi Nakes di Kepahiang untuk selalu membantu penanganan pencegahan penularan wabah di masyarakat.

"Alhamdulillah, Nakes kita mengerti keadaan ini, sehingga berapa besaran insentif yang mereka terima tidak terlalu menjadi masalah bagi mereka, dan merekapun sampai dengan saat ini masih selalu bersemangat untuk memberikan layanan yang terbaik agar wabah Covid-19 ini bisa segera diakhiri," tukas Tajri. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait