Ikut Upacara, Ini Harapan Veteran

Rabu 18-08-2021,10:55 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Para Legiun Veteran di Rejang Lebong turut hadir dan ikut serta dalam pelaksanaan upacara bendera pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 76. Adapun terdapat secercah harapan yang diungkapkan Legiun Veteran ketika disambangi wartawan pada Selasa (17/8) sekira pukul 10.00 WIB.

"Harapan kami sebagai salah satu Legiun Veteran di Curup di setiap HUT RI, pokok pertama masyarakat harus tahu siapa yang memerdekakan RI ini, nah merekalah yang patut dihadirkan. Memang merdeka ini belum seratus persen tercapai, karena merdeka ini banyak macamnya. Tapi kemerdekaan negara ini didapatkan dari hasil tumpah darah, air mata, harta dan nyawa yang dipertaruhkan," ungkap anggota Veteran Inti Rejang Lebonhg, Mamad Yudhianto.

Dirinya melanjutkan, semoga dengan bertambahnya usia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ke 76 ini, membawa keberkahan serta kebaikan untuk ke depannya. Menurutnya, apa yang didapat dari hasil perjuangan pada masa lalu, haruslah selalu di banggakan dan disyukuri, yakni dengan cara mengenang jasa para pahlawan terdahulu dan berusaha menjadi bangsa yang utuh dan kompak.

"Tentunya kedepan bisa lebih baik lagi dari hari ini," ujarnya.

Adapun pesan yang disampaikannya kepada kaum muda saat ini, anak muda yang peduli dan peka terhadap bela negara akan tahu apa arti dari bela negara itu sendiri. Karena menurutnya, di dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sudah tercantum yakni hak segala bangsa. Untuk itu ke depannya kemerdekaan apalagi yang bisa dicapai oleh kaum muda.

"Karena pada kenyataannya sekarang, anak-anak muda terhadap kesadaran nasionalisme sudah sangat kurang. Apalagi mengenal yang namanya Veteran, apa arti Veteran itu mereka tidak tahu. Oleh karenanya mereka ini harus diberi tahu dan disadarkan, minimal anak muda ini tahu bahwa orang-orang dulu yang memperjuangkan Rejang Lebong ini masih ada," tuturnya.

Sementara itu Mamad juga menambahkan, jumlah anggota Veteran di Kota Curup saat ini hanya tersisa 2 orang saja. Sedangkan untuk Kabupaten Rejang Lebong masih ada sekitar 28 orang.

"Kami juga turut berduka, karena tahun demi tahun belakangan ini anggota Veteran itu meninggal dunia. bahkan dalam setahun ada 2 orang yang meninggal, jadi kami tentu sedih lah, teman-teman seperjuangan kami dulu satu persatu wafat," pungkasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait