Desa Belitar Seberang Masuk 100 Besar ADWI

Senin 23-08-2021,10:10 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Desa Wisata yang terletak di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu masuk dalam 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

ADWI 2021 kali ini bertema 'Indonesia Bangkit' merupakan penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia yang diikuti 1.835 Desa dari 34 Provinsi di Indonesia. Dari sisi seleksi yang ketat melalui beberapa tahapan kurasi, mulai dari seleksi 300 desa wisata, kemudian pada tahap dua 100 seleksi desa wisata, dan tahap tiga yakini seleksi 50 desa wisata.

"Alhamdulillah! Dengan bangganya bahwa satu-satunya desa kita yang sebelumnya masuk di 300 besar, dan sekarang sudah kembali masuk di 100 besar ADWI 2021. Yang mana ini sudah kita prediksi sebelumnya," ungkap Dra. Upik Zumratulaini, M.Si ketika disambangi wartawan pada Minggu (22/8).

Tak terhenti sampai disitu, CE melakukan penelusuran informasi kepada pihak pemerintah desa (Pemdes) Belitar Seberang. Adapun atraksi unggulan yang dimiliki Desa Belitar Seberang sebagai salah satu desa perwakilan Provinsi Bengkulu, khususnya Kabupaten Rejang Lebong diantaranya yakni Air Terjun Tri Sakti, Air Terjun Pemandian Dewa, Edu-Tourism Rumah Nira, Rafling Air Terjun 'Canyoning'. Kemudian Hot Spring 'The Promised Land View', Glamour Camp 'Forrest Gump', Tracking 'Jelajah Desa' dan Tubing atau Arum Jeram.

"Itulah sejumlah atraksi unggulan yang ada di desa kita saat ini," terang Kades Belitar Seberang, Kasyadi melalui Ketua Unit Usaha Pariwisata, Hendri Hendika saat diwawancara CE.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, sistem pengelolaan desa wisata dilakukan oleh Unit Usaha Pariwisata (UUP) Desa Belitar Seberang.

"Unit tersebut berada dibawah naungan Bumdes Belitar Seberang (Belirang)," katanya.

Kemudian pihaknya juga menjelaskan, anggaran yang digelontorkan untuk pengembangan dan kemajuan desa wisata yakni bersumber dari Dana Desa (DD) anggaran tahun 2021.

"Dana desa yang disalurkan tersebut untuk pembangunan sarana dan prasarana pariwisata. Seperti food court atau kantin, mushola, toilet dan juga pengadaan alat canyoning air terjun dan juga glamour camp," jelasnya.

Dalam proses kemajuan desa wisata Belitar Seberang, ada sejumlah pihak terkait yang tentu berperan aktif di dalamnya. Selain didukung oleh Pemdes, Bumdes, Unit Wisata Griya, Unit Wisata Pariwisata dan lainnya.

"Selain itu juga, kita di bantu oleh pemuda-pemuda Belitar. Dan kami harapkan semuanya bisa ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Desa Belitar Seberang sebagai desa pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong," tandasnya. (CW1)

Tags :
Kategori :

Terkait