Polisi Sarankan Warga Minta Pengawalan, Antisipasi Begal dan Pemalakan

Senin 06-09-2021,09:10 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Kepolisian Resort (Polres) Rejang Lebong menyarankan warga yang ragu melintasi kawasan jalan lintas Curup-Lubuklinggau untuk minta pengawalan aparat. Hal ini guna mengantisipasi aksi pencurian dengan kekerasan (curas) atau pembegalan yang kerap terjadi di daerah tersebut.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno SIK MH mengatakan pengawalan dilakukan secara gratis. Dimana untuk mereka yang dari arah Curup menuju Lubuklinggau bisa minta pengawalan dari Petugas Polsek Sindang Kelingi. Begitupun sebaliknya, dari Lubuklinggau menuju Curup bisa minta pengawalan petugas dari Polsek Padang Ulak Tanding (PUT).

"Pengawalan gratis, sudah kita lakukan sejak lama. Tinggal lagi bagaimana pengawalan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana pembegalan seperti yang terjadi baru-baru ini," ujarnya kepada wartawan.

Ditegaskan Kapolres bahwa pihaknya tidak akan memberikan toleransi kepada siapapun oknum pelaku kejahatan yang ingin merusak nama baik Kabupaten Rejang Lebong. Dimana warga Kabupaten Rejang Lebong selama ini dikenal ramah tamah, aman, damai dan tentram.

"Jangan sampai karena segelintir orang, nama Kabupaten Rejang Lebong rusak. Oleh karena itu, Kami akan menindak tegas oknum pelaku kejahatan seperti halnya begal yang kerap beraksi di jalan lintas Curup-Lubuklinggau," sampainya.

Sementara itu, terkait pelaku begal pemalakan yang belum lama diamankan Polsek PUT, sebut Kapolres bahwa pihaknya akan mengusut hingga ke "akar-akarnya". Baik pelaku utama maupun penadah barang curian.

"Dalam mengungkap tindak pidana begal, tentu peran serta masyarakat juga dibutuhkan. Selain itu, Kami juga berharap setiap masyarakat untuk bisa menjadi polisi untuk mereka sendiri," katanya.

Di sisi lain, Kapolsek PUT Iptu Tomy Sahri mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini terus mendalami keterlibatan RA (20) warga Binduriang yang diamankan karena terlibat pembegalan serta pemalakan terhadap sopir truck.

"Meskipun dalam pengakuannya ada 3 TKP, tapi Kami yakin masih ada TKP lainnya. Oleh karena itu, kami terus melakukan pengembangan termasuk rekan-rekan pelaku yang ikut serta membantu dalam aksi pembegalan," tandasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait