Pemkab RL Gelar Kegiatan Pencanangan KB

Jumat 15-10-2021,09:01 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Meningkatkannya kualitas Sumber Daya Manusia, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong kembali melakukan pencanangkan Kampung KB. Pencanangan melalui kegiatan momentum pelayanan KB, berupaya mengoptimalkan peran mitra kerja untuk mendukung program bangga kencana dalam meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB dan kesehatan reproduksi.

Pantauan CE, pada kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Curup, Kamis (14/10) sekira pukul 09.00 tersebut dihadiri oleh Bupati Rejang Lebong, Drs. Syamsul Effendi, MM, Ketua Umum PKK Rejang Lebong, Hartini Syamsul Effendi, M.Si, Kadis DP3APPKB Rejang Lebong, Rosita, MH, Perwakilan Dinas Kesehatan, dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Marta.

"SDM kita sudah memadai tinggal sekarang kita berupaya untuk memaksimalkan peran dari mitra kerja yang ada, seperti PKK, IBI dan lainnya," sampai Kepala DP3APPKB Kabupaten Rejang Lebong, Rosita, MH ketika diwawancara CE.

Dirinya melanjutkan, dalam hal ini pihaknya merencanakan kegiatan KB berjalan di seluruh Puskesmas selama kurang lebih 45 hari terhitung mulai kemarin.

"Artinya program-program KB ini bertujuan menekan jumlah penduduk atau stunting. Dimana Kabupaten Rejang Lebong saat ini telah memiliki sebanyak 26 Kampung KB. Dan pelaksanaannya akan di mulai hari ini tanggal 14 Oktober sampai 25 November nanti di seluruh Puskesmas dan bidan-bidan desa yang ada," ujarnya.

Sementara itu Bupati Rejang Lebong, Drs. Syamsul Effendi, MM dalam sambutannya menyampaikan Keluarga Berencana merupakan suatu program yang membatasi jumlah anak yang lahir dalam suatu keluarga. Dengan tujuan agar keluarga tersebut berkualitas dan sejahtera.

"Dukungan penuh tersebut dapat berupa keikutsertaan masyarakat yang sasarannya adalah pasangan usia subur (PUS) yang belum ber KB dan PUS yang sudah ber KB," ucapnya.

Dalam rangka meningkatkan kesertaan ber KB dan dalam rangka momen pelayanan KB alat kontrasepsi sedunia dan vesektomi sedunia bersama mitra kerja, yakni bersama TNI dan PKK KB kesehatan dalam rangka hari gerak PKK akan melaksanakan pelayanan KB berupa alat kontrasepsi pil, kondom, suntik, impal, IUD, MOP dan MOW di seluruh Puskesmas di Kabupaten Rejang Lebong.

"Oleh karena itu kami mengajak kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dengan masyarakat telah mengikuti program KB, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan KB. Sehingga kita bersama bisa mewujudkan keluarga yang berkualitas dan sejahtera serta menjadikan masyarakat Rejang Lebong masyarakat yang bercahaya, berkarakter, cerdas, sehat dan taqwa," pungkasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait