UMKM Binaan BPOM RL, Juara 1 Tingkat Nasional

Selasa 19-10-2021,09:25 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Kabupaten Rejang Lebong yakni produk Gula Semut Sari Aren dinobatkan sebagai Juara 1 tingkat Nasional. Raihan tersebut dalam rangka Hari Pangan Sedunia yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pusat.

Kepala BPOM Kabupaten Rejang Lebong, Drs Sasra APt MSi bahwa UMKM tersebut merupakan binaan dari BPOM RL. Dimana sebelumnya, dari BPOM Pusat menyebar informasi kepada BPOM seluruh Indonesia untuk mengirim UMKM unggulan untuk diikutsertakan dalam lomba Hari Pangan Sedunia.

"Nah dari BPOM RL, kita kirim yakni Produk Gula Semut Sari Aren. Alhamdulilah yang awalnya masuk nominasi 6 besar, setelah diverifikasi dan penilaian produk UMKM RL juara 1 tingkat Nasional seluruh Indonesia," ujarnya saat dihubungi CE, Senin (18/10).

Menurut Sasra, bahwa UMKM ini dapat menjadi contoh bagi UMKM-UMKM lainnya untuk menjadi Pilot Project. Karena sebut Sasra, bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus membina para UMKM.

"Khusus untuk UMKM ini diketahui sudah mempunyai 2 registrasi BPOM," sampainya.

Sementara itu, kata Sasra bahwa penghargaan yang diberikan kepada UMKM terbaik ini akan diberikan pada Selasa (19/10) hari ini di Jakarta.

"Ya di Jakarta besok (hari ini, red) akan diberikan, bahkan mereka (UMKM, red) sudah diberangkatkan," katanya.

Terpisah Ketua Kelompok Perajin Gula Semut Sari Aren Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang, Suparmanto mengaku bahwa pihaknya bersyukur dinobatkan sebagai Juara 1 UMKM awar yang diselenggarkan BPOM Pusat. Dimana sebelumnya, telah dilakukan penilaian baik administrasi, kemudian dilombakan via zoom dan terakhir penilaian langsung oleh tim penilai dari Badan POM.

"Penghargaan ini bukan penghargaan atas nama pribadi, namun ini untuk kelompok dan Kabupaten Rejang Lebong. Dimana ini tidak terlepas dari pembinaan yang telah dilakukan BPOM Rejang Lebong, kemudian Pemerintah termasuk dukungan Media Massa yang telah melakukan pemberitaan produk gula semut yang Kami kembangkan," pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait