Ada Perubahan Penilaian Indikator PPKM RL Naik ke Level III

Sabtu 23-10-2021,09:30 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Meskipun kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus menurun, namun status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Rejang Lebong justru baik ke Level III dari sebelumnya PPKM Level II.

Hal ini berdasarkan berdasarkan Instruksi Mendagri No.54/2021, tentang PPKM level 3, level 2 dan level 1.

"Secara Level kita memang naik ke Level III, naik secara kasus kita turun," sampai Assisten I Bidang Pemerintahan Kesra Setdakab Rejang Lebong, Pranoto Madjid SH MH, Jumat (22/10).

Menurut Pranoto, bahwa saat ini penilaian indikator bukan hanya penurunan kasus Covid-19. Namun juga capaian vaksinasi dilakukan oleh masing-masing daerah tersebut di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana Provinsi Bengkulu secara Nasional capaian vaksinasi masih rendah.

"Indikator ada berubah, sehingga Kabupaten Rejang Lebong juga naik ke level III," sampainya.

Lanjut Pranoto, mengingat Kabupaten Rejang Lebong juga capaian vaksinasinya rendah maka berdasarkan arahan Bupati, meminta seluruh masyarakat yang belum melaksanakan vaksin untuk segera mendatangi Puskesmas-puskesmas, RSUD dan tempat-tempat pelaksanaan vaksinasi lainnya.

"Kemarin juga sudah ada koordinasi dengan Provinsi, kemudian ditindaklanjuti dengan rapat di tingkat Kabupaten Rejang Lebong. Dimana rendahnya capaian vaksinasi di Rejang Lebong, karena kesadaran masyarakat yang kurang untuk datang tempat pelaksanaan vaksin. Karena kalau untuk stok saat ini tersedia, bahkan kalau habis kita ambil lagi ke Provinsi," katanya.

Sementara itu, jika kesadaran masyarakat masih kurang untuk melaksanakan vaksin tidak menutup kemungkin sebut Pranoto kedepan akan ada aturan yang mewajibkan setiap pelayanan untuk menunjukkan terlebih dahulu Sertifikat vaksin.

"Tapi tidak serta merta langsung kita lakukan, tapi kita lihat 1 sampai 2 Minggu ini. Jika masih rendah tentu, kemungkinan itu bakal dilakukan," pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait