Jalan Jambu Keling Kembali Dilanjutkan

Selasa 26-10-2021,09:41 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CURUP EKSPRESS ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong berencana kembali melanjutkan pembangunan Jalan Jambu Keling. Dimana sebelumnya, pembangunan jalan yang menghubungkan Kecamatan Curup Utara dan Bermani Ulu Raya (BUR) sempat terhenti beberapa tahun pasca putus kontrak ditahun 2016 lalu.

"Tahun depan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong berencana akan kembali melanjutkan pembangunan jalan jambu keling," sampai Penjabat Sekda Kabupaten Rejang Lebong, Yusran Fauzi ST kepada wartawan.

Adapun dana yang digunakan untuk melanjutkan pembangunan jalan tersebut, sebut Yusran yakni Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Rejang Lebong sebesar Rp 7 miliar. Dimana kata Yusran, dalam penggunaan anggaran DAK bidang Bina Marga Dinas PUPRPKP Kabupaten Rejang Lebong, pihaknya telah menentukan tiga jalan yang menjadi prioritas sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong yaitu jalan jambu keling, jalan Lubuk Alai dan jalan Kota Padang menuju Karang Baru.

"Dari tiga jalan yang menjadi prioritas untuk perbaikan tersebut kemungkinan besar yang akan kita pilih adalah Jambu Keling tadi," sampainya.

Sedangkan untuk dua jalan lainnya, kata Yusran bahwa pihaknya akan menunggu tahun 2023 atau bila ada dana lain, mengingat tahun 2022 nanti anggaran DAK untuk bidang Bina Marga Dinas PUPRPKP Kabupaten Rejang Lebong hanya Rp 7 miliar. Jumlah tersebut mengalami pengurangan dibandingkan tahun 2021 ini, dimana anggaran DAK untuk Bidang Bina Mara Dinas PUPRPKP Kabupaten Rejang Lebong sebesar Rp 9 miliar.

"Kalau tahun ini DAK Bina Marga Rp 9 miliar dan kita bagi untuk pembangunan tiga ruas jalan," ujarnya.

Bila tahun 2022 nanti, akan dibagi lagi, maka menurut Yusran hasilnya tidak akan maksimal, yaitu hanya bisa mengakomodir sebagian kecil saja dari tiga jalan tersebut karena memang anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan tiga jalan tersebut cukup besar. Oleh karena itu menurutnya pihaknya memutuskan untuk fokus pada satu jalan saja sehingga dampaknya bisa langsung dirasakan oleh masyrakat. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait