RL Bentuk Satgas PPA

Sabtu 20-11-2021,09:10 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Guna meminimalisir kekerasan terhadap perempuan dan anak, Jumat (19/11) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong membentuk Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) tingkat Kabupaten tahun 2021.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Rejang Lebong tersebut dihadiri langsung Bupati Rejang Lebong, Drs Syamsul Effendi MM, Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong Ny Hartini Syamsul.

Dalam arahannya, Bupati Syamsul mengatakan Satgas PPA penting untuk dibentuk. Hal ini untuk menjamin perlindungan bagi masyarakat terutama perempuan dan anak yang kerap kali menjadi sasaran kekerasan dan bentuk lainnya.

"Oleh karena itu, Pemerintah berkewajiban dan bertanggung jawab untuk ikut serta memberikan perlindungan. Sehingga pembentukan Satgas PPA kami nilai sangat penting," ujar Bupati.

Menurut Bupati, bahwa pembentukan Satgas PPA ini juga merupakan arahan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PPA. Dimana sebut Bupati, bahwa terbentuknya Satgas PPA ini juga menjadi wadah bagi masyarakat untuk berkeluh kesah terutama berkaitan persoalan yang menyangkut perempuan dan anak yang terorganisir.

"Mudah-mudahan keberadaan Satgas PPA ini, akan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan persoalan yang menyangkut soal perempuan dan anak. Sehingga ada solusi dalam mengatasi persoalan tersebut," sampainya.

Setelah terbentuknya Satgas PPA Tingkat Kabupaten, Bupati berharap juga akan dibentuk Satgas PPA Tingkat Kecamatan hingga tingkat Desa dan Kelurahan. Sehingga persoalan atau permasalahan yang menyangkut perempuan dan anak dapat terdeteksi sejak dini sehingga dapat diselesaikan permasalahan sesegera mungkin.

"Tentu ini juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu akan keberadaan Satgas PPA," katanya.

Ditambahkan Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Ny Hartini Syamsul mengatakan bahwa pihaknya mensuport penuh menyangkut upaya Pemkab Rejang Lebong untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat terutama perempuan dan anak dengan pembentukan Satgas PPA.

"Apapun itu, tentu Kami (PKK, red) mendukung upaya Pemda dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat. Dimana keberadaan Satgas PPA ini juga untuk mempertahankan hak-hak masyarakat yang butuh perlindungan," ujarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait