2022, Umrah Gratis Tetap Ada, Herwin : Kuota Sesuai Anggaran

Sabtu 27-11-2021,09:24 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Bagian Kesra Setda Kabupaten Rejang Lebong memastikan bahwa pada tahun 2022 mendatang, program umrah gratis dipastikan tetap ada. Dimana program ini juga merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Untuk tahun 2022, umrah gratis itu tetap ada," ujar Kabag Kesra Setdakab Rejang Lebong, Herwin Wijaya Kusuma kepada wartawan, Jumat (26/11).

Sedangkan untuk kuota sebut Herwin, disesuaikan dengan anggaran yang tersedia yang saat ini masih dibahas antaran Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Rejang Lebong.

"Untuk anggarannya belum tahu berapa yang disetujui. Namun usulan Kami itu sebesar Rp 2 Miliar. Berapapun yang disetujui itu juga akan disesuaikan kembali berapa kuota yang bisa diberangkatkan, karena Kami juga masih menunggu edaran dari Kementerian Agama. Karena dari informasinya ada kenaikan, seiring diwajibkan setiap jemaah umrah bersih dari Covid-19 sehingga kesehatan sebelum berangkat harus benar-benar dipastikan," sampainya.

Lanjut Herwin, bahwa terkait program umrah gratis ini tentu harus adanya Peraturan Bupati (Perbup) sebagai dasar hukum melaksanakan program tersebut. Dimana saat ini, masih dilakukan pengkajian. Karena menurut Herwin, bahwa Perbup juga harus dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

"Dimana dalam Perbup juga akan dituangkan, Pelaksanaan perekrutan hingga kriteria. Dimana tentu ada kriteria baru yang akan ditetapkan dan kriteria yang dimaksud nantinya Kami akan menunggu petunjuk lebih lanjut," katanya.

Sementara itu, bahwa untuk travel umrah ditentukan melalui sistem lelang untuk pihak ketiga.

"Travelnya itu sistem lelang. Artinya, semua travel berhak mengikuti lelang tersebut," pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait