Prodi Perkopian Kaya Prestasi, Tapi Minim Peminat

Selasa 21-12-2021,09:05 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sebagai satu-satunya Kampus Wirausaha di Provinsi Bengkulu, yang memiliki Prodi Sains Perkopian satu-satunya di Indonesia untuk program Sarjana. Prodi Sains Perkopian yang ada Universitas Pat Petulai (UPP) Rejang Lebong masih sangat minim peminatnya.

Padahal Prodi Sains Perkopian merupakan prodi yang memiliki banyak prestasi dan memang prodi yang ditonjolkan oleh UPP. Disampaikan oleh Ketua Prodi Sains Perkopian UPP, Ela Hasri Windari, M.Sc,MPM, hal tersebut dikarenakan salahnya pola pikir masyarakat Rejang Lebong menanggapi hal tersebut.

"Untuk Prodi Sains Perkopian ini sebenarnya Prodi yang paling ditonjolkan oleh UPP Rejang Lebong. Hanya saja karena Prodi ini masih baru, masyarakat Rejang Lebong memiliki pola pikir yang salah menanggapi Prodi Sains Perkopian ini," katanya.

Diakuinya kebanyakan para orang tua mahasiswa berpikir bakal kemana untuk Prodi Sains Perkopian ini setelah tamat nanti.

"Memang untuk saat ini kami masih fokus untuk meningkatkan prestasi para mahasiswa kami untuk UPP. Tapi ditahun ketiga dan keempat kami akan mengembangkan lagi Sains Perkopian ini agar lebih besar lagi. Karena kita tau juga untuk di Provinsi Bengkulu ini kita sangat diharapkan menjadi salah satu penghasil kopi terbesar. Jadi tugas besar kami untuk saat ini mengubah pola pikir masyarakat terlebih dahulu. Juga selain menghasilkan lulusan sarjana yang berkompeten di bidang usaha atau industri perkopian hulu ke hilir, Program Studi Sains Perkopian juga mempersiapkan lulusannya untuk berkarir sebagai Q-grader kopi dan Q-processor kopi yang merupakan bidang karir yang sangat bergengsi di bidang perkopian," terangnya kepada CE, Senin (20/12) kemarin.

Senada juga disampaikan oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UPP Rejang Lebong Jerry Pratawardila. Dimana diakuinya kalau untuk prodi yang paling diminati di UPP ini adalah Prodi Komputer. Padahal kalau untuk prestasi di UPP sebenarnya Prodi Sain Perkopian yang paling banyak menyumbang.

Hanya saja sebaliknya untuk Prodi Sains Perkopian di UPP memiliki peminat paling sedikit dibanding dengan 4 prodi lainnya.

"Mungkin karena pola pikir masyarakat kita yang menganggap peluang kerja untuk prodi Komputer lebih besar dibanding prodi lain. Dengan jumlah mahasiswa kami sebanyak 800 orang lebih, memang untuk Prodi Sains Perkopian hanya ada sekitar 3 lokal yang terdiri kurang lebih 60 Siswa. Jadi kedepannya kami akan lebih gencar lagi mempromosikan Prodi unggulan Sains Perkopian ini," tambahnya. (CW3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait