Kisah Semut dan Nabi Sulaiman As

Senin 25-09-2023,07:00 WIB
Reporter : Ryen Meikendi
Editor : Ryen Meikendi

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Sejarah agama-agama besar sering kali diwarnai dengan kisah-kisah luar biasa tentang para nabi dan mukjizat mereka. 

Siapa sangka jika salah satu kisah yang kontroversial dalam Islam adalah ketika Nabi Sulaiman As, seorang nabi yang terkenal dengan kebijaksanaan dan kemampuan luar biasa, tak sengaja menginjak semut. 

 

Kisah ini menggambarkan sisi manusiawi dari seorang nabi dan telah menjadi bahan diskusi dan refleksi yang mendalam dalam ajaran Islam. 

BACA JUGA: Jangan Pakai Korek Kuping! Begini Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga

Berikut penjelasan mengenai kontroversi terbesar dalam sejarah tentang Nabi Sulaiman dan semut yang terinjak.

 

Kisah ini diambil dari Al-Quran, dalam surat An-Naml (27:18-19):

 

"Sehingga tiba-tiba, ketika mereka sampai di lembah semut, seekor semut berkata, 'Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar Sulaiman dan pasukannya tidak menginjak-injak kamu, sedangkan mereka tidak sadar.'"

BACA JUGA: Ternyata Ini Alasannya Kenapa Semut Suka Makanan Manis

Kisah ini terjadi ketika Nabi Sulaiman dan pasukannya sedang dalam perjalanan melintasi lembah yang dihuni oleh semut-semut

Yang membuat kisah ini begitu menarik adalah bahwa seorang nabi yang memiliki kemampuan luar biasa untuk berkomunikasi dengan makhluk lain, termasuk burung dan hewan, tak sengaja menginjak seorang semut.

BACA JUGA: Ketahui Penyebab Kesemutan pada Kaki dan Tangan untuk Mencegah Terjadinya Masalah Kesehatan

Namun, dari kisah kontroversi terbesar dalam sejarah tentang Nabi Sulaiman dan semut yang terinjak tersebut ada beberapa hal yang bisa kita petik:

  • Kemanusiaan Nabi Sulaiman
Kategori :