Diterpa Badai, Petani Jagung Gagal Panen

Rabu 07-12-2016,17:15 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

CURUP, CE - Tahun baru sebenarnya menjadi hal yang menyenangkan untuk panen akhir tahun ini. Tetapi berbanding terbalik dengan kebun milik Toni. Akibat Angin kencang yang terjadi malam Senin (5/12) menyebabkan jangung manis miliknya harus merunduk diterpa angin kencang. Akibatnya ia terancam gagal panen yang sedianya untuk persiapan malam tahun baru.

"Ya mau gimana lagi mas sudah terjadi. Padahal kami hanya menanam jagung saja tidak ada selingan tanaman lain," katanya. Hasil panen yang nantinya berharap banyak ini mengalami kerugian 20 bungkus tanaman jagung miliknya rusak. Padahal pihak penggarap cuma mengharapkan sistem bagi hasil oleh pemilik lahan. Diceritakan Toni saat malam kejadian, angin badai menerpa kebunnya. Badai itu berlangsung sampai pagi hari.

Saat malam kejadian Toni yang tinggal di dekat kebunnya, tidak berani untuk keluar rumah karena takut ada pohon tumbang. "Untuk harapan agar tanaman jagung manisnya untuk naik ke atas lagi sudah tidak ada harapan dikarenakan akar dan pohon sudah patah yang berakibat kondisi buah rusak dan kurang bagus. Padahal jagung saya ini sudah berumur 2 bulan, sedang masa-masanya selesai berbunga," terangnya. Toni mengatakan sudah 3 kali menanam jagung tapi baru kali ini ia mengalami kerugian yang cukup banyak. "Padahal harga jagung saat ini lagi bagus-bagusnya tapi angin badai mengacaukan segalanya," pasrahnya. (CW5)

Tags :
Kategori :

Terkait