Jalan Berlubang Seperti Kolam

Sabtu 10-12-2016,22:56 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

CURUP, CE - Masalah infrastruk agaknya harus menjadi perhatian bagi pemerintah. Pasalnya banyak sejumlah titik jalan yang mengalami kerusakan dan hingga kini belum ada upaya perbaikan. Salah satunya yakni jalan lintas yang berada di Desa Watas Marga Simpang Empat Kota Beringin. Ini adalah jalan batas antara Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang. Mirisnya jalan yang banyak dilalui kendaraan berat mengalami kerusakan yang cukup parah. Di beberapa ruas jalan banyak yang berlobang. Bahkan jika hujan turun jalan tersebut membentuk seperti kolam.

Kepala Desa Watas Marga Puji Harsono mengatakan saat ini ini pihaknya masih berusaha mencari informasi bagaimana cara pengajuan untuk pengusulan rehab jalan tersebut. Pasalnya jalan tersebut berbatasan antar dua kabupaten. Diceritakan oleh Puji bahwa kondisi jalan berlobang dan rusak itu banyak warga yang mengeluh. Terutama warga yang berada di depan jalan yang rusak tersebut.

"Tak jarang banyak pengendara yang jatuh akibat kondisi jalan yang rusak ini. Kondisi terparah jika terjadinya hujan lebat dikarenakan jalan penuh dengan air yang tergenang di dalam lubang maka banyak pengendara harus masuk ke dalam lubang yang tergenang oleh air hujan," terang Kades. Sementara itu berdasarkan keterangn dari warga sekitar mengatakan bahwa sudah hampir empat tahun lamanya jalan yang rusak itu belum juga diperbaiki. "Saya sudah empat tahun tinggal di sini dan selama saya tinggal jalan yang rusak di depan rumah saya ini belum juga ada tanda-tanda bakal diperbaiki," ujar Egoisti warga setempat.

Dikatakannya, kondisi jalan yang rusak tersebut sangat mengganggu aktivitas dirinya dan warga lainnya. Termasuk para pengendara yang lewat. "Kadang kami berinisiatif cuma menimbun menggunakan tanah dan koral pada jalan yang berlubang itu. Namun hal itu tak cukup banyak membantu. Sebab saat hujan deras turun, timbunan sementara itu akan hanyut dibawa arus air hujang," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dewi. Pemilik warung yang lokasinya tepat berada di jalan yang rusak itu mengaku sangat terganggu dengan kondisi jalan yang rusak tersebut. Dikatakannya jalan poros yang rusak ini juga banyak dilalui kendaraan berat seperti truk. Sebab jalan ini juga menuju area tambang pasir. Akibatnya kondisi jalan yang berlubang semakin parah.

"Harapan kami pemerintah, baik itu Pemkab Rejang Lebong atau Pemkab Kepahiang dan bahkan Pemprov Bengkulu bisa membantu kami untuk memperbaiki jalan tersebut. Sebab jalan ini berada diantara kawasan dua kabupaten," harapnya. (CW5)

Tags :
Kategori :

Terkait