Warga, TNI hingga Turis Asing Ikut Gotong Royong

Sabtu 21-01-2017,15:53 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

Gotong Royong Bersih Kampung Bersama Curup Ekspress, Kodim 0409 dan Honda CURUP, CE - Program gotong royong bersih kampung kerjasama harian harian Curup Ekspress, Kodim 0409 Rejang Lebong, dan Honda di Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan berjalan Sukses. Pelaksanaan gotong royong yang dilakukan pada Jumat (20/1) kemarin ini tak hanya diikuti oleh warga desa bersama anggota TNI dari Koramil 05. Turis asing pun juga ikut dalam kegiatan itu. Gotong royong itu sendiri dilakukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Air Lanang. Pantauan CE, dalam kegiatan gotong royong tersebut ratusan warga sangat kompak dalam membersihkan TPU di desa ini. Terlihat masyarakat turun langsung dengan membawa berbagai peralatan seperti cangkul, arit, sekop dan peralatan lainnya.

Salah seorang turis, Josh Lee Jhaeun turis Amerika Serikat keturunan Korea Selatan mengatakan bahwa ia sangat beruntung bisa melihat aktivitas gotong royong warga yang merupakan ciri budaya masyarakat Indonesia. "Sungguh kami sangat beruntung bisa ikut serta dalam kegiatan gotong royong ini karena memang kedatangan kami ke Indonesia terkhusus di Rejang Lebong untuk melihat aktivitas budaya masyarakat setempat," ujarnya kepada koran CE.

Josh mengatakan bahwa ia dan teman-temannya sudah seminggu ini berada di Desa Air Lanan. Mereka adalah mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan eko wisata. "Senin kami akan kembali ke Amerika. Kegiatan gotong royong di Desa Air Lanan ini menjadi kado istimewa bagi kami yang bisa ikut langsung," katanya. "Kami berharapa budaya ini dapat terus dipertahankan," lanjunya.

Sementara itu Kades Air Lanang Darwil mengatakan pihaknya sangat mendukung dan sangat bangga dengan diadakannya acara gotong royong di desanya. "Ada yang terlihat spesial dalam acara gotong royong ini karena di desa ini kebetulan di kunjungi oleh 8 turis manca negara yang masing-masing dari Amerika dan Korea Selatan. Mereka juga ikut bersama-sama warga dan anggota TNI yang dipimpin langsung oleh Danramil 05 RL, Kapt. Subar," terang Darwil.

Darwil juga mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Curup Ekspress serta Kodim 0409 RL dan Honda yang sudah membantu kita dalam menggerakkan masyarakat dalam kegiatan gotong royong ini. Diakui Darwil bahwa kegiatan gotong royong yang diprakarsai koran Curup Ekspress ini memberikan hal positif untuk pembangunan di desa. "Tentunya kami sangat mendukung penuh kegiatan gotong royong ini dan diharapkan ke depannya akan ada lagi acara yang serupa supaya desa kami lebih banyak diketahui masyarakat di Rejang Lebong," sampai Darwil.

Hal senada juga dikatakan oleh Camat Curup Selatan, Lasmono. Ia mengatakan kegiatan yang melibatkan media massa (koran Curup Ekspress) dan pihak-pihak lainnya akan menjadikan budaya gotong royong ini akan menjadi lebih hidup lagi.

"Saya berharap gerakan gotong royong ini akan terus berlangsung di Desa Air Lanang sebagai sebuah aktivitas yang positif dalam meningkatkan pembangunan di desa. Kepada pihak Curup Ekspress, Kodim 0409 Rejang Lebong dan Honda kami ucapkan terimakasih atas kegiatan yang dilakukan," katanya. Usai gotong royong warga dihibur dengan acara karoke dan berbagai game dari dan pembagian doorprise. (AE1)

Tags :
Kategori :

Terkait