Ayo Pantau Produksi Gula Aren

Rabu 08-02-2017,16:46 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

CURUP, CE - Persoalan gula merah yang dalam proses pembuatanya dicampur dengan detergen.  Bidang Industri Disperindag Kabupaten Rejang Lebong, dalam minggu ini akan melakukan pmantauan langsung kelapangan.

"Kabar tersebut belum terlalu jelas sehingga kita akan turun langsung untuk mengetahui kronologisnya," ujar Kadisperindag Rejang Lebong Sabirin SE melalui Kabid Indistri, Masdalena SE. Dikatakannya, pihaknya sudah mencoba menghubungi pihak Dinkes untuk mengetahui cerita kronologisnya.  "Saya juga baru disini, jadi besok (hari ini red) saya akan bicarakan juga dulu dengan pak Kadis," sampainya.

Sidak yang akan mereka sampaikan tersebut disampaikan oleh Masdalena lebih kepada monitoring saja. Selanjutnya dirinya mengatakan perlu dilakukan mediasi langsung kepada mereka terkait hal tersebut.  "Sidak ini nanti sifatnya itu adalah sebagai bentuk mediasi kepada para petani aren ini," jelasnya. Berdasarkan informasi yang dia terima juga bahwa juga ada yang tidak mengunakan gula detergen tersebut.

Jadi rencananya melalui sidak ini rencananya untuk mengumpulkan informasi yang lebih banyak lagi. Hal tersebut bertujuan untuk mencari solusi terkait maslah detergen itu. Jadi yang diharapkannya, jika memang ada cara petani lain yang memang tidak menggunakan detergen, maka petani itu bisa menjadirujukan bagi petani aren lain yang menggunakn detergen.  "Jika informasi dari petani aren yang tidak menggunakan detergen tersebut gulanya baik, maka tentu ini akan jadi solusi atas permasalahan ini," tandasnya. (CE2)

Tags :
Kategori :

Terkait