Puluhan Hektare Sawah Terancam Kering

Rabu 10-05-2017,16:49 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

Akibat Irigasi Jebol

KEPAHIANG, CE - Hujan deras yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, mengakibatkan saluran irigasi di Desa Tertukar Kecamatan Tebat Karai jebol dan ambruk. Jebolnya irigasi tersebut mengakibatkan sekitar 80 Ha sawah di desa tersebut terancam kering.

Adanya ancaman kekeriangan itu berdasarkan informasi dari warga setempat terkait jebolnya irigasi yang terjadi dalam beberapa hari lalu mengakibatkan aliran air dari irigasi mengalami kekeringan. "Irigasi itu jebol karena hujan deras yang terjadi beberapa hari ini. Kerusakan awal sekitar 10 meter, itu menjadi ancaman serius bagi kami selaku petani," sampai Jhon (45) warga Desa Tertukar.

Menurut Jhon, jebolnya saluran irigasi induk terus melebar hingga pasokan air tidak mampu memenuhi kebutuhan padi sawah milik mereka, yang mengancam pada sawah yang gagal panen.  "Kejadiannya pada Jumat lalu, karena hujan sangat deras yang mengakibatkan kerusakan pada irigasi terus melebar. Itu bisa menyebabkan tanaman. Padi kami gagal panen," keluh Jhon.

Bahkan untuk mengantisipasi kekurangan air, petani desa sudah melakukan penanggulangan kerusakan pada irigasi telah dilakukan dengan cara bergotong royong.  Namun, jika intensitas hujan terus menerus maka saluran irigasi akan mengalami jebol semakin parah. "Kami masih berupaya menanggulangi kerusakan pada irigasi itu, hanya itu yang bisa kami lakukan. Jika hujan terus menerus bisa-bisa irigasi itu jebolnya semakin parah," demikian Jhon. (CE3)

Tags :
Kategori :

Terkait