Sudah 2 Pekan Harga Tomat Anjlok

Jumat 22-01-2021,08:46 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Harga tomat di Rejang Lebong, sejak 2 pekan terakhir ini mengalami penurunan harga yang cukup drastis. Bahkan saat ini harganya turun hingga Rp. 2000 ribu per kg. Padahal sebelumnya mencapai Rp. 7.000 ribu per kg nya.

Salah satu penuturun dari pedagang Pasar Atas, Rosmita (53) bahwa turunnya harga tomat dikarenakan akibat panen serentak yang dilakukan oleh para petani. Sehingga membuat stok buah tomat dipasaran melimpah sehingga membuat harganya anjlok.

"Ya kalo harga udah turun sudah 2 minggu ini mas, makanya saya gak berani ambil banyak takut tidak abis nanti dibuang saja," ungkapnya. Saat diwawancarai CE, Kamis (21/1).

Tak hanya tomat saja yang mengalami penurunan, kata Rosmita, sawi bola juga mengalami hal serupa, padahal harga sawi bola Rp. 1.500 ribu per kg yang sebelumnya Rp. 6.000 ribu per kg nya.

"Selain tomat ada sawi juga yang lagi turun ada juga kol juga turun dari Rp. 10.000 ribu perkilo menjadi Rp. 4.000 ribu perkilo," katanya.

Rosmita mengaku, mendapatkan pasokan tomat justru dari luar daerah. Dikatakan ada pemasok tomat dari gudang atau pengepul tomat bersama dengan sayur-mayur lainnya yang berasal dari kota padang.

"Biasanya harga tomat dalam kondisi normal ya Rp4.000 sampai Rp5.000 per kilogram, tetapi karena banyaknya stok tomat yang lai melimpah mau tak mau saya harus beli dari daerah lain dikarenakan murah," ungkapnya.

Sementara itu untuk harga cabai merah kriting saat ini masih melonjak naik di angka Bersambung …

Baca selengkapnya di Koran Harian Curup Ekspress edisi Jumat, 22 Januari 2021

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait