Diduga dari IPAL Komunal, Warga Teladan Keluhkan Bau Tak Sedap

Kamis 28-01-2021,08:35 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Warga Desa Teladan tepatnya di Dusun Dua Kecamatan Curup Selatan, mengeluh dengan bau tak sedap yang ditimbulkan dari IPAL Komunal yang ada didaerah tersebut. Bau tak sedap tersebut dampak dari pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal yang sudah digarap 3 tahun lalu.

Salah satunya Sutrisno (50) warga desa Teladan yang terkena dampak dari bau menyengat itu, Sutrisno mengaku sangat terganggu dengan aroma yang dikeluarkan IPAL. Pasalnya sudah bertahun-tahun dia merasakan dampak keberadaan IPAL dan sudah beberapa kali juga pihaknya meminta pemerintah desa untuk dapat memperbaiki ataupun mengajukan ke instansi terkait.

"Sudah sering dilaporkan ke pihak desa mas tetapi belum ada pergerakan sama sekali jika memang tidak bisa, ya coba di ajukan ke pemerintah yang terkait padahal Kampung saya ini termasuk kawasan padat penduduk," katanya.

Parahnya lagi ungkap Sutrisno, pipa IPAL itu ternyata tempat penampungan pembuangan limbah manusia yang berada di dusun dua. Jadi itulah yang membuat ia merasa keberatan jika harus merasakan dampak bau yang menyengat itu, padahal tahun lalu ia dan warga lainnya sudah mengajukan perbaikan ke pengurus IPAL tersebut tetapi sampai saat ini belum ada solusi ataupun pergerakan.

"Saat musim hujan ini mungkin tidak begitu menyengat karena aliran air limbah terbawa juga air hujan tetapi jika disaat panas bau itu sangat menyengat bahkan air tersebut seperti selokan dan berwarna menghitam," ujarnya.

Hal yang sama juga di alami Yanti (45) dengan adanya bau menyengat yang ditimbulkan Ipal tersebut. Yanti juga mengkhawatiran terkait masalah kesehatan karena menurutnya lingkungan yang berada di dusunnya menjadi tidak sehat.

"IPAL itu kan fungsinya mengolah limbah menjadi ramah lingkungan. Kalau seperti ini Bersambung …

Baca selengkapnya di Koran Harian Curup Ekspress edisi Kamis, 28 Januari 2021

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait