Jaga Perbatasan RI-Malaysia 450 Prajurit Yonif 144/JY Dikirim ke Kalbar

Kamis 20-05-2021,20:30 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Sebanyak 450 Prajurit Satuan Yonif Yonif 144/Jaya Yudha, Brigif 8 Garuda Cakti akan diberangkatkan menuju Kalimantan Barat (Kalbar) dalam rangka melaksanakan tugas negara untuk melakukan pengamanan perbatasan Republik Indonesia (RI) - Malaysia di Kalimantan Barat.

"Pagi ini (kemarin,red) kita melaksanakan acara tradisi pelepasan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat sektor Timur," sampai Komandan Brigif 8 Garuda Cakti, Letkol Inf Andar Rudianto Panggabean kepada wartawan seusai memimpin upacara tradisi pelepasan di Mako Yonif 144/Jaya Yudha, Kamis (20/5).

Unsur Muspida yang hadir dalam upacara tradisi pelepasan

Menurut Danbrigif, bahwa satuan ini akan diberikan tugas melakukan pengamanan selama kurang lebih 9 bulan kedepan. Dimana dalam acara tradisi pelepasan ini, diikuti oleh seluruh Muspida mulai dari Wakil Bupati Rejang Lebong, Wakil Bupati Kepahiang, Ketua DPRD Rejang Lebong, Kapolres Rejang Lebong. Kemudian Kepala SPN Bukit Kaba Rejang Lebong, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) dan seluruh tamu yang hadir.

"Dengan kehadiran para unsur Muspida ini juga, sebagai salah satu wujud kami semua untuk memberangkat Satgas ini semoga mereka yang diberangkatkan berhasil dalam melaksanakan tugas di wilayah operasi nantinya," sampainya.

Lanjut Danbrigif, bahwa fokus yang akan dilaksanakan oleh prajurit nantinya secara umum menjaga kedaulatan bangsa Indonesia. Diantaranya mengecek patok-patok perbatasan yang ada, baik tipe A hingga tipe D. Kemudan Patroli bersamaan antara RI dan Malaysia.

"Selain itu, mereka juga akan melaksanalan pengamanan berkaitan dengan kegiatan yang bersifat Illegal Logging. Kemudian ada beberapa pengamanan yang kegiatan sifatnya, bahkan sampai kegiatan-kegiatan narkoba. Selama ini banyak perlintasan-perlintasan narkoba sehingga tugas mereka diharapkan bisa mengurangi kegiatan tersebut. Disamping itu, mereka juga sudah dibekali kemampuan dan meningkatkan keterampilan masyarakat ditempat mereka bertugas nanti," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong sangat mensupport. Selain itu, tentu menjadi kebanggaan karena Yonif 144/JY dipercayakan untuk menjaga perbatasan.

"Kita hanya berpesan, kepada para prajurit yang akan diberangkatkan ini untuk menjaga nama baik Batalyon, Bangsa dan Negara," ujarnya.

Ditambahkan Wakil Bupati Kepahiang, Zurdinata bahwa pihaknya berharap kepada para prajurit untuk melaksanakan tugas dengan baik. Kemudian mengingat saat ini pandemi Covid-19, Wabup berpesan untuk menjaga Protokol Kesehatan (Prokes).

"Selamat menjalankan tugas ke Kalimantan, laksanakan tugas dengan baik dan jaga protokol kesehatan," pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait