Besok Salat Gerhana

Selasa 25-05-2021,05:56 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Menindak lanjuti hasil temu hisab rukiyat Kementrian Agama RI, beberapa waktu lalu. Diperkirakan akan terjadi fenomena alam yaitu gerhana bulan total yang terjadi pada Rabu (26/5) besok bertepatan dengan 14 Syawal 1442 H. Diperkirakan gerhana bulan total akan mulai terjadi sejak pukul 15.47 WIB hingga 18.18 WIB.

Menindak lanjuti hal tersebut Kementrian Agama RI, telah menginstruksikan masing masing kanwil da kantor Kemanag diseluruh Indonesia, termasuk Kantor Kemenag Kepahiang untuk melaksanakan Salat gerhana bulan atau Khusuf al Qamar dimasing-masing wilayah kerja.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kepahiag H. Arsan S. Ibrahim, M.Hi dikonfirmasi terkait dengan persiaapan pelaksanaan ibadah tersebut, mengaku pihaknya telah menginstuksikan kepada masing-masing Kepala KUA dan Penyuluh diwilayah Kerja Kemenag Kepahiang, untuk dapat mensoialisasikan instruksi tersebut ke masing-masing masjid dalam Wilaya Kabupaten kepahiang untuk melaksanakan Salat Khusuf al Qamar

"Ya, kami mendapatkan instruksi langsung dari Kementrian Agama RI, yang meminta kita umat muslim untuk melaksaakan Salat gerhana bulan yang pelaksanaannya Rabu (26/5)," ungkap Arsan.

Dijelaskannya pelaksanaan Salat Gerhana Bulan dilakukan menyusul akan terjadinya fenomena Gerhana Bulan total, fenomena astronomi yang dikenal juga dengan sebutan "khusuf" itu terjadi. Seperti diketahui, pada 26 Mei 2021.

"Instruksinya sudah kami teruskan kepada KUA dan Penyuluh agar menyampaikan kemasing-masing pengurus masjid, agar secara bersama sanma pada waktu itu kita melaksanakan Salat Gernaha bulan," ujarnya.

Dijelaskannya, pelaksanaan Shalat Gerhana Bulan diawali dengan shalat sunnah dua rakaat dan setelah itu disusul dengan dua khutbah seperti Shalat Idul Fitri atau Shalat Idul Adha. Setiap rakaat Shalat Gerhana Bulan dilakukan dua kali rukuk. Dua khutbah setelah Shalat Gerhana Bulan pula tidak dianjurkan takbir sebagaimana khutbah dua shalat Id. masih dikatakannya.

"Meski kami menganjurkan setiap masjid untuk melaksanakan Satat Gerhana Bulan, secara berjemaah, kami juga tetap menyarankan untuk protokol kesehata Covid-19 tetap diterapkan," singkatnya. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait