2 Kecamatan Dapat Jatah Bedah Rumah

Rabu 02-06-2021,05:39 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang pada tahun 2021 ini mendapatkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal dengan bedah rumah. Bantuan tersebut pembiaannya langsung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan.

Dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kepahiang Rudi Andi Sihaloho, ST jika pada tahap satu program BSPS yang diterima Pemkab Kepahiang sebanyak 300 unit sasaran rumah tidak layak huni (RTLH).

"Kalau usulan bedah rumah yang kami sampaikan beberapa wwaktu lalu, ada 1.500 unit, tapi tahap satu ini kita baru mendapatkan 300 RLTH yang akan kita renopasi mejadi rumah layah huni dengan program bedah rumah," ungkap Rudi.

Dijelaskannya, program ini menyasar di dua Kecamatan di Kabupaten Kepahiang, diantaranya Kecamatan Ujan Mas dan Kecamatan Tebat Karai.

"Sekarang programnya sudah berjalan, mungkin beberapa waktu kedepan sebagian bangunan sudah selesai," ujarnya.

Masih dikatakan Rudi, program ini bisanya dilksanakan bertahap, dari usulan pihaknya 1.500 unit yang baru disetujui untuk tahap pertama ini baru 300 unit. Dan sisanya akan pihaknya ajukan lagi untuk program PSPS tahap kedua.

"Biasaya Agustus ini ada lagi, jdi sisa usulan kita yang belum diakomudir pada tahap pertama ini akan kita usulkan di Agustus mendatang," ucapnya.

Harapan Rudi, program BSPS yang merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang tidak layak huni secara swadaya. Namun demikian, pemerintah memberikan stimulan agar mereka memiliki semangat gotong royong untuk membangun rumahnya agar bisa lebih layak huni, sehat dan nyaman. Sementara itu, sisa yang belum terakomodir bisa diakumodir pada tahap berikutnya. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait