Tarik BPIH Full, Tidak Lagi Terdaftar Sebagai CJH

Kamis 10-06-2021,08:09 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, H Nopian Gustari SPdI MPdI menyebut jika Calon Jemaah Haji (CJH) yang masih dalam daftar tunggu keberangkatan haji. Apabila mengambil seluruh Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), maka bisa diasumsikan mundur dari daftar tunggu atau waiting list haji.

"Berbeda jika mereka hanya menarik biaya pelunasan saja, maka masih dalam daftar tunggu keberangkatan haji," sampai Nopian.

Disampaikannya setelah seluruh CJH asal Indonesia tidak berangkat pada tahun ini, dan cukup banyak isu yang dikaitkan dengan dana haji. Termasuk di Rejang Lebong, dengan itu pihaknya menegaskan jika CJH bisa dengan mudah menarik BPIH dengan sistem dan mekanismenya kurang lebih 9 hari, maka BPIH langsung ditransfer kerekening masing - masing CJH yang mengusulkan.

"Tentunya dengan kosekwensinya jika mereka menarik seluruh terhitung mundur dari daftar CJH yang akan pada kloter tersebut. Dan secara langsung waiting list sebelumnya akan naik, untuk keberangatan pada tahun berikutnya atau 2022 mendatang," jelasnya.

Dengan itu pihaknya mempersilahkan saja pada CJH yang ingin mengambil dana haji, baik seluruh atau hanya pelunasan. Namun jika tidak diambil juga dana tersebut aman dan tidak kemana - mana, ada pada kas negara, dan digunakan jika memang ada keberangkatan haji.

"Kita minta juga pada masyarakat untuk tidak khawatir dan juga tidak mempercayai isu yang tidak - tidak mengenai BPIH, selain dari sumber yang resmi, jika memang ada terasa janggal bisa menghubungi kami kemenag Rejang Lebong," ungkapnya.

Pihaknya juga ingin seluruh CJH untuk terus bersabar dengan adanya penundaan kembali keberangkatan haji pada tahun ini, pasalnya ini juga terjadi pada seluruh CJH berbagai belahan dunia bukan hanya Indonesia atau Rejang Lebong saja. Dengan itu pihaknya mengajak untuk terus disiplin dalam protokol kesehatan (Prokes) dan berdoa agar pendemi covid 19 bisa beransur berakhir.

"Pasalnya dengan adanya pandemi ini memang sangat berdampak, terutama pada persoalan keberangkatan haji ini, yang kian memperpanjangan dan membuat semakin lama untuk jemaah berangkatan haji, pasalnya daftar tunggu saat ini saja, mereka yang mendaftar hari ini harus meninggu belasan tahun, terlebih dengan adanya ini maka akan menunggu puluhan tahun baru bisa berangkat," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait