Faktor Kemampuan Keuangan Daerah, Kuota Perekrutan CPNS Kepahiang Berkurang

Senin 14-06-2021,08:50 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Kuota perekrutan Calon Pegawai Pegawai Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepahiang berkurang. Dimana pengurangan ini jumlah kuota CPNS disebabkan oleh faktor kemampuan keuangan daerah.

Dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kepahiang Ardiansyah, SH, MH bahwa sebelumnya Pemkab Kepahiang telah mengajukan rencana rekrutmen CPNS dengan kuota sebanyak 200. Hanya saja berdasarkan hasil verifikasi yang sudah dikeluarkan Pemerintah pusat, Pemkab Kepahiang hanya bisa melakukan penerimaan CPNS tahun 2021 ini dengan sebanyak 146.

"Maunya kita sebanyak mungkin, tapikan kita juga harus realistis dengan kemampuan keuangan kita sendiri, bagaimana nanti soal pembayaran gaji nya, kalau keuangan kita tidak mampu," ungkap Ardiansyah.

Dikatakan Ardiansyah, saat ini saja dari keuangan daerah yang ada dalam ABPD Kepahiang sudah 45 persen dari total keseluruhan APBD sudah terpakai untuk belanja gaji pegawai. Sehingga jika tanpa memperhatikan persoalan keuangan daerah, tidak menutup kemungkinan akan lebih dari 50 persennya aka terpakai untuk gaji pegawai.

"Kalau tidak kita perhatikan persoalan itu nanti kita ttidak bisa lagi membangun keuangan daerah kita habis untuk gaji pegawai," ujarnya.

Memang berdasarkan kajian Anjab/ABK tambah Ardiansyah, Pemkab Kepahiang, masih sangat membutuhkan banyak pegawai dengan status ASN untuk mengisi beberapa kekurangan pegawai di beberapa OPD, hanya saja saat ini permasalahan tersebut masih bisa diatasi dengan pengangkatan pegawai dengan status THL.

"Jadi kami rasa 146 yang akan kita rekrut tahun ini dan pelaksanaannya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari pemerintah Pusat, cukup realistis dengan kemampuan keuangan kita," ucapnya.

Disinggung soal formasi CPNS yang akan diterima pada tahun ini, lagi lagi Ardiansyah belum bisa memberikan detail iformasi yang akan direkrut. Hal ini menurut Ardiansyah masih menunggu penetapan formasi dari Kemenpan RB.

"Kalau formasi besarnya, hanya dua tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya. Sementara untuk tenaga pendidik kita ambil dari PPPK yang akan kita rekrut bersamaan dengan menunggu petunjuk seleksi CPNS dari Pusat," tutup Ardiansyah. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait